Pemutusan Listrik di Pasar Kobong Sementara Ditunda

by
Pedagang ikan basah Pasar Rejomulyo atau dikenal Pasar Kobong menolak eksekusi pemutusan listrik dengan menutup akses jalan masuk ke dalam pasar tersebut. (kecirit.com/ Yulianto)

Pedagang ikan basah Pasar Rejomulyo atau dikenal Pasar Kobong menolak eksekusi pemutusan listrik dengan menutup akses jalan masuk ke dalam pasar tersebut. (kecirit.com/ Yulianto)

SEMARANG, kecirit.com – Tim Gabungan petugas Satpol PP, Dinas Perdagangan dan Kepolisian setempat akhirnya sementara menunda eksekusi pemutusan listrik di Pasar Kobong, di Jalan Pengapon, Semarang, Jumat (17/3) siang karena mendapat penolakan dari pedagang ikan basah.

Pedagang memasang spanduk berisi penolakan diputusnya aliran listrik pasar. Sempat terjadi ketegangan antara pedagang dan Satpol PP yang berusaha masuk ke dalam pasar. Tak hanya itu, pedagang yang mulai emosinya naik, juga menutup jalan masuk dengan beberapa tong ikan.

Salah satu koordinator pedagang Mujiono, mengatakan mereka menolak untuk dipindahkan atau relokasi. Karena di tempat yang baru tidak layak dan tidak representatif. “Kami harus tetap mempertahankan pasar kami di sini,” ujarnya.

Senada dengan pedagang lainnya, Mujib. Dia meminta kepada Pemerintah Kota Semarang untuk tidak memindahkan pedagang ikan basah sebelum dicapai kesepakatan. Pasalnya, pihaknya telah memasukkan gugatan ke pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) menolak dipindah dari pasar lama dan pada hari Selasa (21/3) minggu depan akan mulai sidang perdana.

“Untuk itu, kami minta kepada dinas perdagangan untuk menghormati proses hukum yang sedang berjalan ini. Sampai nanti dihasilkan keputusan tetap,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Semarang, Endro PM mengatakan pihaknya tidak bisa mengeksekusi memutus aliran listrik di pasar Kobong, karena pihak yang berwenang adalah petugas PLN.

Ditanyakan apakah juga dilakukan pengosongan kios, pihaknya menjawab hanya diminta untuk melakukan pendampingan pemutusan aliran listrik. “Jika ada permintaan untuk pendampingan pengosongan kios, maka kami akan laksanakan lagi,” pungkasnya.

(Yulianto/ CN33/ SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *