Pemohon SIM Diwajibkan Baca Buku Modul

by
Foto: kecirit.com/Asef F Amani

Foto: kecirit.com/Asef F Amani

PEKALONGAN, kecirit.com – Setiap pemohon Surat Ijin Mengemudi (SIM), baik SIM Golongan A, B, C maupun D, di Polres Pekalongan Kota diwajibkan membaca buku modul sebelum mengikuti setiap tahapan ujian, baik ujian teori maupun praktek.

Buku modul yang berisi teori maupun soal ujian SIM telah disediakan di perpustakaan mini yang berada di ruang pelayanan SIM Polres setempat. Hal itu dilakukan dengan harapan setiap pemohon SIM, dapat belajar kembali dan betul-betul mengetahui teori maupun praktek berkendara yang baik dan benar.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Enriko Sugiharto Silalahi, melalui Kasatlantas AKP M Alan Haikel menjelaskan, bagi setiap pemohon SIM tanpa terkecuali diwajibkan membaca buku modul teori, sebelum mengikuti ujian teori audio visual (avis).

Meski mereka sudah membaca buku modul, tetapi masih banyak mereka (pemohon SIM-red) yang tidak lulus. Bagi yang tidak lulus tes diberi kesempatan untuk belajar agar bisa ikut tes kembali.

“Jika tidak lulus tes, ya harus ikut tes lagi. Meski sampai tiga kali tidak lulus tes, ya harus ikut test lagi sampai lulus. Pemohon SIM jangan sampai ambil jalan pintas lewat calo. Tempuh saja presedur yang sudah ditetapkan secara resmi,” terang AKP M Alan Haikel, Kamis (27/10) siang.

Dijelaskan, jika di ujian teori dinyatakan lulus, berikutnya mengikuti tahapan ujian praktek.

Kemudian, jika di ujian praktek dinyatakan lulus, maka mereka dipersilakan membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di bank, sebelum kemudian menjalani sesi foto untuk penerbitan kartu SIM.

“Untuk biaya administrasi pembuatan SIM yang harus dibayar, baik pengajuan SIM baru maupun perpanjangan sudah ada di papan informasi. Termasuk, standar waktu penerbitan SIM juga sudah ditentukan. Jika ada ketentuan diluar apa yang tertera dalam papan informasi, pemohon SIM dapat menyampaikan keluhannya ke hotline dengan nomor 082329368777,” ujarnya.

(Kuswandi/ CN33/ SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *