Pemkot Akan Bangun Pasar Seni

by
(Foto: kecirit.com/Yulianto)

(Foto: kecirit.com/Yulianto)

SEMARANG, kecirit.com – Guna mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pemkot berencana membangun pasar seni. Lokasi yang dipilih adalah lahan bekas pasar Srondol di Jalan Potrosari II Kelurahan Srondol Kulon Kecamatan Banyumanik. Rencana pembangunan pasar seni itu akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang.

Kemarin rencana tersebut dibahas dalam forum grup discusion (FGD) dengan mengundang sejumlah stakeholder. Diantaranya para pelaku usaha UMKM, Kadin Kota Semarang, dan lain sebagainya.

Menurut Kepala Bappeda Kota Semarang Bambang Haryono, pembangunan pasar seni ini merupakan upaya pemkot dalam mengembangkan UMKM. Dikatakan, bahwa rencana pembangunan pasar UMKM ini sesuai dengan RPJMD yang telah disahkan bersama DPRD Kota Semarang.

“Di Bali hampir tiap kabupaten/kota ada pasar seninya, seperti di Sukawati, atau di Pati ada pasar Pragola, ini bisa menjadi contoh untuk mengembangkan pasar UMKM. Lahan eks pasar Srondol cukup strategis karena berada di dekat pintu tol Srondol-Banyumanik,” ujar Bambang Haryono, Kamis (27/10).

Sementara itu walikota Semarang Hendrar Prihadi yang membuka diskusi tersebut menegaskan, bahwa pembangunan infrastruktur di Kota Semarang yang semakin cepat merupakan peluang yang bagus buat UMKM. Tahun 2018, sejumlah proyek infrastruktur sudah bisa dimanfaatkan diantaranya pembangunan bandara A Yani, jalan tol Batang-Semarang dan Semarang-Demak.

“Dengan makin mudahnya akses menuju ke kota Semarang maka orang akan semakin banyak datang ke Semarang sehingga ini merupakan peluang yang bagus untuk UMKM. Tidak hanya itu saja Semarang juga akan dilalui kereta cepat Jakarta-Surabaya, sehingga makin banyak pilihan menuju kota ini. Pembangunan pasar seni ini merupakan upaya nyata pemerintah dalam mendorong pengembangan UMKM,” pungkasnya.

(Yulianto/CN19/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...