Pemkab Siap Bentuk Satgas Sapu Bersih Pungli

by
Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

PURBALINGGA, kecirit.com – Pemkab Purbalingga akan membentuk Tim Operasi Pemberantasan Pungli (OPP) yakni Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).

“Nantinya satgas tersebut dibentuk untuk mencegah dan menindak aktivitas pungli di tempat pelayanan masyarakat atau tempat-tempat lain di Kabupaten Purbalingga,” kata Bupati Tasdi.

Bupati  mengatakan, bahwa apa yang menjadi instruksi pemerintah pusat, pemerintah provinsi, Pemkab akan mengikuti apa yang menjadi kebijakan pemerintah tersebut.

“Kita yang namanya kabupaten adalah bawahan provinsi, provinsi bawahan presiden, sebetulnya ketika presiden menggalakan pemberantasanpungli, kami di daerah pun akan membentuk namanya tim saber, kita akan lakukan,” ujarnya.

Bupati bersama Wabup pada awal dilantik sudah melakukan pengecekan di beberapa tempat seperti terminal dan tempat uji kir mobil serta tempat-tempat lainnya.

Bupati menambahkan, pihaknya akan berkomitmen apa yang mejadi keputusan atau yang diperintahkan pemerintah pusat akan mengikutinya, karena daerah (Pemkab) merupakan bawahan dari pemerintah pusat dan provinsi.

“Jadi apa yang menjadi arahan pemerintah pusat untuk tidak adanya pungli di Purbalingga, maka hal tersebut juga akan dilakukan agar tidak ada lagi adanya praktik tersebut,” katanya.

Bupati bersama tim pemkab yang akan dibagi dua tim, juga akan mengecek langsung ke tempat-tempat pelayanan publik rawan pungli.

Pembentukan tim saber akan dimaksimalkan guna memberantas praktik pungli yang dimungkinkan terjadi di semua instansi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun instansi lainnya.
(Arief Noegroho/CN41/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...