Pemkab Purworejo Hentikan Penambahan Pasar Modern

by
foto ilustrasi: istimewa

foto ilustrasi: istimewa

PURWOREJO, kecirit.com – Bupati Purworejo Agus Bastian tampaknya sangat bersemangat dalam melakukan penataan pasar-pasar tradisional. Setelah memastikan Pasar Baledono akan mulai dibangun pada tahun anggaran 2017, selanjutnya Pasar Suronegaran yang ditargetkan akan direvitalisasi pada tahun anggaran 2018.

Rencana tersebut disampaikan Bupati Agus Bastian saat melakukan peninjauan ke sejumlah pasar tradisional, pekan lalu. “Pasar Suronagaran menjadi target selanjutnya setelah Pasar Beledono. Karena Pasar Suronegaran tidak mungkin lagi diperpanjang,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan Bastian, tahun 2018, Pasar Suronegaran  harus terealisasi. Dia merencanakan revitalisasi itu akan memindahkan lokasi pasar dari tempat sekarang yang menyewa ke PT KAI ke lahan milik Pemkab Purworejo yang berlokasi di Brengkelan dengan nama baru Pasar Purworejo.

Ditegaskan Bupati Bastian, perlunya membangun pasar karena pasar merupakan penggerak perekonomian masyarakat. Ia menargetkan hingga akhir masa jabatannya, seluruh pasar tradisional di Kabupaten Purworejo akan direnovasi.

“Pasar menjadi target pembangunan kita, karena Pasar yang menggerakkan perekonomian masyarakat. Mudah-mudahan ke depan seluruh pasar yang ada di Purworejo, tentunya pasar tradisional yang menjadi kewenangan pemerintah daerah, akan kita renovasi. Saya berharap, nanti saya pensiun sudah selesai semua. Ini merupakan target kita di tahun-tahun yang akan datang,” ujarnya.

Bupati menerangkan, saat ini beberapa pasar tradisional sedang dalam proses pembangunan. Menurutnya, pembangunan pasar tidak hanya pada bagian tertentu dari pasar saja, tetapi harus dilakukan secara menyeluruh. Hal ini dimaksudkan agar pasar dapat menjadi bersih dan layak untuk digunakan para pedagang.

Terkait pembangunan pasar modern, Bupati menegaskan untuk sementara pemkab tidak akan memberikan izin pembangunannya. Pihaknya ingin mendorong agar pasar tradisional dapat terus tumbuh dan berkembang.

“Untuk pasar modern sementara waktu belum ya. Kita ingin mendorong pasar-pasar tradisional. Karena semua pedagang perlu berjualan. Kalau semua dihajar pasar modern, nanti mereka mau makan apa?” pungkasnya.
(Nur Kholiq/CN41/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *