Pemkab Kudus Diminta Merawat Budaya Lokal

by
NASI BREKAT: Dua anak membawa bungkusan nasi brekat dari kegiatan prosesi Buka Luwur Kangjeng Sunan Kudus di kawasan Menara Kudus beberapa pekan lalu. Kegiatan ini merupakan bagian dari budaya lokal.(kecirit.com/Ruli Aditio)

NASI BREKAT: Dua anak membawa bungkusan nasi brekat dari kegiatan prosesi Buka Luwur Kangjeng Sunan Kudus di kawasan Menara Kudus beberapa pekan lalu. Kegiatan ini merupakan bagian dari budaya lokal.(kecirit.com/Ruli Aditio)

KUDUS, kecirit.com – Upaya merawat dan mengoptimalkan perkampungan di perkotaan kini mendapat perhatian ekstra bagi pemda yang tanggap akan makna penting pembangunan berbasis budaya. Istilah yang kini sedang menghangat adalah kampung tematik, yakni perkampungan yang dijadikan basis sumber ekonomi dengan melestarikan kekhasan budaya lokal.

Hal ini disampaikan peminat kajian sejarah  dan budaya Kudus dari STAIN Kudus, Moh Rosyd dalam diskusi budaya kemarin. Ia juga menjelaskan, Kudus memiliki ragam potensi lokal yang berbasis budaya dan sumber ekonomi berbasis industri rumahan, sandang, dan makanan, seperti batik, jenang (dodol), kerupuk, keripik.

“Ada pula hasil kerajinan tangan yang memerlukan tenaga kerja trampil. Namun demikin potensi itu perlu diperkuat merespon program Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Dirjen Kebudayaan, Kemendikbud RI menetapkan 15 kriteria warisan budaya tak benda (WBTB) 2016,” paparnya.

Ia juga menuturkan, ada 150 karya budaya nasional dari berbagai daerah ditetapkan sebagai WBTB. Selanjutnya diusulkan ke Unesco untuk dicatat sebagai WBTB dunia.

“Hal yang menarik adalah perlunya kesadaran Pemkab Kudus untuk memenuhi kriteria kawasan Menara Kudus yang memiliki ragam industri rumahan agar diusulkan menjadi WBTB tahun depan,” jelasnya.

Pertimbangannya, karena ada persyaratan dasar yang telah terpenuhi, yakni identitas budaya, nilai budaya, keunikan, memory collective, berdampak sosial dan budaya, mendesak untuk dilestarikan, sudah diwariskan lebih dari satu generasi, mendukung keberagaman budaya.

“Kawasan Menara Kudus menjadi berpotensi besar menjadi nominator bila dipersiapkan mulai saat ini,” terangnya.
(Ruli Aditio/CN41/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *