Pemkab Klaten Operasi Maraton Truk Galian C

by
Foto: kecirit.com

Foto: kecirit.com

KLATEN, kecirit.com – Dinas Perhubungan Pemkab Klaten menggelar operasi maraton truk angkutan bahan galian C. Menurut Kepala Seksi Pengendali Operasi Dinas Perhubungan Pemkab Klaten, Wagiya Gambir operasi dilaksanakan sejak Rabu (26/10) lalu. “Razia selama 24 jam penuh di satu lokasi,” jelasnya, Jumat (28/10).

Dikatakannya, razia dengan Sat Lantas Polres dilakukan dengan sistem shift selama beberapa hari. Semua truk angkutan pasir dan batu diarahkan ke terminal bus Delanggu. Truk diperiksa surat dan berat muatannya. Bagi yang melanggar langsung ditindak petugas di lokasi.

Hasil hari pertama saja ada, 576 truk diperiksa, 281 kendaraan dikenakan tilang oleh Dinas, 84 kendaraan ditilang Polres dan 24 kendaraan dikenakan penurunan muatan sebab overload.

Operasi itu ditujukan untuk mengendalikan muatan truk dan hasilnya sejak sehari razia sudah banyak truk mengurangi muatan di hari Kamis. Pada operasi hari kedua, mayoritas muatan normal sesuai jenis berat beban diizinkan (JBI).

Soal truk yang melintasi jalan desa, Dinas meminta maaf masyarakat sebab karena keterbatasan personel tidak semua jalur diberi petugas. Namun demikian, keluhan warga akan dijadikan bahan evaluasi.

Supri, warga Kota Kecamatan Delanggu mengatakan truk angkutan pasir juga sering melintas di tengah pasar Lapangan Merdeka. Meski banyak pedagang dan sepeda motor, truk kadang tidak peduli sebab menghindari petugas. Warga berharap di jalur-jalur tikus juga dilakukan patroli sebab merusak jalan dan saluran irigasi dan selama ini kru truknya tidak peduli.

(Achmad Hussain/ CN33/ SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *