Pemilih Wajib Miliki E-KTP

0
21

ARGOMULYO- Para pemilih dalam Pilkada 2017, harus sudah memiliki KTP elektronik (E-KTP). Jika belum mempunyai KTPelektronik, dapat dengan surat keterangan yang diterbitkan dinas yang menyelenggarakan urusan kependudukan dan catatan sipil setempat.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Jateng Joko Purnomo, dalam sosialisasi regulasi pemutakhiran data dan daftar pemilih, dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 di kantor KPU Salatiga, Kamis (29/9). Narasumber lainnya anggota Bawaslu Jateng Teguh Purnomo. ”Syarat pemilih dalam Pilkada nanti, di antarnya berdomisili di daerah pemilihan yang dibuktikan dengan KTP elektronik.

Jika belum mempunyai KTP elektronik, dapat dengan surat keterangan yang diterbitkan dinas yang menyelenggarakan urusan kependudukan dan catatan sipil setempat. Selain itu, tidak sedang menjadi anggota TNI atau Polri,” kata dia.

Menurut Joko, seorang pemilih hanya didaftar satu kali dalam daftar pemilih di PPS, pada setiap desa atau kelurahan atau sebutan lain. Jika terdaftar di lebih dari satu tempat tinggal, pemilih tersebut harus memilih salah satu tempat tinggalnya berdasarkan KTP elektronik atau surat keterangan.

Diberi Bukti

”Pemilih yang telah terdaftar sebagai pemilih, diberi bukti terdaftar dan pada tempat tinggal pemilih tersebut ditempeli stiker pencocokan dan penelitian (coklit). Dikatakan, indikator pemilih di antaranya WNI yang pada hari pemungutan suara, genap berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah atau pernah kawin.

Untuk dapat menggunakan hak memilih dalam pemilihan, WNI harus terdaftar sebagai pemilih, kecuali yang ditentukan lain dalam undang-undang. ”Juga tidak sedang terganggu jiwa atau ingatannya, dan tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap,” kata dia.

Anggota Bawaslu Jateng Teguh Purnomo mengatakan, pengawasan pemutakhiran daftar pemilih akan dilakukan untuk memastikan agar setiap warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih terdaftar dalam daftar pemilih. Pengawasan lain mengenai daftar pemilih dimutakhirkan dan dan diumumkan secara luas oleh PPS. Juga adanya keterlibatan masyarakat dalam proses pendaftaran pemilih. (H32-63)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here