Pembersihan Sisa Material Longsor Butuh Waktu Dua Pekan

by
foto: istimewa

foto: istimewa

BANYUMAS, kecirit.com – Pembersihan material sisa longsor di Desa Kracak, Kecamatan AJibarang diperkirakan membutuhkan waktu sekitar dua pekan. Pasalnya pembersihan material tanah yang menutupi sejumlah area hanya menggunakan peralatan manual.

Komandan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Banyumas, Ady Chandra, mengatakan idelanya pembersihan material tersebut menggunakan alat berat. Namun karena keterbatasan peralatan, relawan dan masyarakat melakukan kerja bakti menggunakan peralatan manual.

“Kalau membersihkan semua material longsoran sampai ke bagian atas butuh waktu sampai berbulan-bulan mungkin. Tapi kalau hanya menyingkirkan tanah dengan jarak antara empat sampai lima meter, kemungkinan memerlukan waktu paling tidak sekitar dua minggu,” katanya, Rabu (26/10).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas, Prasetyo Budi Widodo, mengatakan tidak menutup kemungkinan akan menurunkan alat berat ke lokasi tersebut. Pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menurunkan alat berat ke lokasi bencana.

“Nanti akan kami komunikasikan dulu, seberapa jelas kebutuhannya.Kami juga akan melihat akses jalan menuju ke sana. Pada hari ke tiga penangan sudah selesai, tanah yang berpotensi longsor sudah dibersihkan,” kata dia.

(Fadlan M Zain/CN39/SM Network)