Pemberontakan Di Indonesia Kurun Orde Lama, Kids Jaman Now Wajib Baca!

by
Negara Kesatuan Republik Indonesia tidaklah bangun dengan sendirinya. Kesatuan NKRI dicapai melalui usaha panjang yang dilakukan oleh para satria dan seluruh rakyat Indonesia. Mereka rela mengorbankan harta dan nyawa demi kemerdekaan Indonesia. Setelah merdeka, bukan berarti bangsa Indonesia bebas dari masalah. Bangsa Indonesia masih menghadapi banyak sekali bahaya baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri. Contoh bahaya dari luar negeri, di antaranya pada awal kemerdekaan Belanda belum mengakui kemerdekaan Indonesia. Oleh alasannya yakni itu, Belanda masih melaksanakan perlawanan. Belanda mau mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1949. Masalah yang tiba dari dalam negeri yakni adanya pemberontakan yang terjadi di daerah-daerah. Di bawah ini pola pemberontakan yang pernah terjadi di Indonesia.

a. Pemberontakan RMS (Republik Maluku Selatan) 

Pemberontakan RMS merupakan gerakan yang bertujuan mendirikan negara Republik Maluku Selatan. Negara gres yang terpisah dari NKRI. Gerakan yang ingin memisahkan diri dari negara disebut gerakan separatis.

b. Pemberontakan DI/TII (Darul Islam

 Negara Kesatuan Republik Indonesia tidaklah bangun dengan sendirinya Pemberontakan di Indonesia Masa Orde Lama, Kids Jaman Now Wajib Baca!
Sekarmadji Marijan (S.M.) Kartosoewirjo, tokoh DI/TII
Tentara Islam Indonesia) DI/TII yakni salah satu pola pemberontakan yang terjadi di Indonesia. Gerakan ini dibuat oleh Sekarmadji Marijan (S.M.) Kartosoewirjo. Pemberontakan DI/TII merupakan gerakan yang bertujuan untuk mendirikan Negara Islam Indonesia. Namun, pemberontakan itu sanggup diakhiri dengan operasi militer.

c. Pemberontakan G30S/PKI

 Negara Kesatuan Republik Indonesia tidaklah bangun dengan sendirinya Pemberontakan di Indonesia Masa Orde Lama, Kids Jaman Now Wajib Baca!
DN Aidit, tokoh pemberontakan G30S/PKI
Apakah kalian pernah mendengar istilah tersebut? G30S/PKI merupakan gerakan pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). Mereka ingin merebut kekuasaan pemerintah Indonesia dengan jalan apa pun. Mereka ingin menguasai negara Indonesia. Mereka juga ingin mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi komunis. Pemberontakan-pemberontakan di atas yakni pola gerakan yang berusaha memecah dan menghancurkan NKRI.
Namun, balasannya pemberontakan-pemberontakan itu berhasil digagalkan. Bangsa Indonesia sanggup menggagalkan pemberontakan alasannya yakni adanya tekad untuk tetap mempertahankan keutuhan wilayah
NKRI.
Dengan persatuan, kita akan semakin gampang mengatasi bahaya dan gangguan yang ingin memecah belah bangsa Indonesia. Tentu kalian pernah membaca atau mendengar gosip ihwal Gerakan Aceh Merdeka (GAM) atau ihwal Gerakan Papua Merdeka? Berita itu sering muncul di televisi 

Itu yakni beberapa pola bahaya dan gangguan yang ingin memecah belah bangsa Indonesia. Kita harus tetap waspada apabila sewaktu-waktu terdapat gerakan yang ingin memecah belah bangsa
Indonesia.
Oleh alasannya yakni itu, bangsa Indonesia harus memupuk rasa persatuan dan kesatuan. Sehingga semua perbedaan baik suku, agama, maupun budaya yang ada di Indonesia tidak akan mengakibatkan perpecahan. Dengan adanya persatuan dan kesatuan, maka kehidupan di negara kita akan aman, tenteram, dan damai.

loading...