Pembebasan Lahan Tol Fokus di Seksi II

by

BATANG – Proses pembebasan lahan tol ruas Batang-Semarang terus dikebut. Pembebasan lahan difokuskan di seksi II yang belum selesai. Sementara, pembebasan lahan di seksi I sudah rampung seluruhnya. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembebasan lahan tol Batang-Semarang Wijayanto mengatakan, di beberapa desa sudah digelar musyawarah, yakni di Ujungnegoro, Sawangan, dan Masin. ‘’Selanjutnya, musyawarah akan digelar di Desa Kedungsegok, Kecamatan Tulis,’’ujarnya, Selasa (25/10).

Dia menjelaskan, sampai saat ini progress pembebasan lahan sudah mencapai 60,1% di seksi II dari Kandeman sampai Plelen. Seksi I dari Cepoko Kuning sampai Kandeman sudah selesai. Di beberapa desa, tahapan juga sedang terus berjalan. Seperti di Desa Juragan yang kini sedang dalam tahap penghitungan oleh tim penaksir tanah (appraisal). Di Desa Kandeman saat ini sedang tahap pengumpulan data yuridis.

Daftar Nominatif

‘’Di Desa Kenconorejo sudah diappraisal dan Desa Karanggeneng sedang dalam pembuatan daftar nominatif,’’ tuturnya.

Desa-desa lain di Kecamatan Warungasem yang belum terbebaskan sedang berproses pembuatan daftar nominatif seperti di Desa Candiareng dan Sawahjoho. Desa Kalibeluk dan Cepagan saat ini sedang dalam tahapan penyelesaian terkait interchange. ‘’Proses di kedua desa tersebut masih menunggu peta bidang dan penetapan lokasi dari Gubernur Jateng,’’tuturnya.

Wijayanto menegaskan, pembebasan lahan tol secara serius sedang terus dikerjakan. Beberapa kendala dihadapi, terutama terkait pengumpulan data yuridis dan kelengkapannya. ‘’Kami bekerja keras untuk mendukung penyelesaian pembebasan lahan ini,’’tuturnya. (H56-60)