Pegawai BPN Kenakan Bros Perangi Pungli

by

KENDAL – Para pegawai Kantor Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kendal, mengenakan bros bertuliskan ”No Pungli”.

Kepala ATR/BPN Kendal, Herry Fathurachman, mengatakan dia memang mengintruksikan seluruh pegawai untuk mengenakan bros tersebut, untuk mengingatkan pegawai dan masyarakat untuk tidak melakukan pungli. Selain bros, di kantor tersebut juga dipasang spanduk dan banner pemberantasan pungli. ”Spanduk dan banner kami letakkan di tempat yang mudah dilihat pegawai dan warga,” kata dia, Rabu (26/10).

Dia menambahkan, selain pemasangan banner dan bros, pembayaran yang dilaukan sudah tidak secara tunai, tetapi melalui perbankan. Warga yang mengurus sertifikat atau dokumen lainnya, harus membayar di bank yang ditunjuk atau kantor pos. Jika masih ada pegawai yang terbukti melakukan pungli, akan dilaporkan kepada pimpinan di atasnya dan pelaku akan mendapat sanksi. ”Di institusi kami terdapat tim disiplin yang akan memberikan sanksi.

Kami mengimbau masyarakat, agar datang mengurus sendiri dan jangan melalui pihak ketiga seperti calo. Kami menjamin dengan mengurus sendiri lebih cepat dan murah,” tambahnya. (H36- 63)