PDIP Inginkan UU Pemilu yang Proporsional

by
Ilustrasi: Istimewa

Ilustrasi: Istimewa

GUNUNGKIDUL, kecirit.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), menginginkan Undang-Undang Pemilu dengan sistem proporsional tertutup, agar seluruh partai menyiapkan calon legislatifnya dengan baik.”Kami menginginkan Undang-Undang Pemilu dengan propoprsional. Dengan demikian, partai harus menyiapkan sistemik calon pemimpinnya,” kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat kunjungan kerja di Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (22/10).

Untuk itu, lanjut dia, PDIP akan terus berjuang agar Undang-Undang Pemilu dengan sistem proposional tertutup. Dengan demikian, partai harus menyiapkan sistemik calon pemimpinnya termasuk anggota dewan.

Namun konsekuensinya, jika nanti UU tersebut lolos maka partai juga arus memiliki sekolah partai yang mumpuni. Ia mencontohkan di PDI Perjuangan siapa pun harus lolos sekolah partai mengetahui ideologi, hingga mengetahui tugas pokok anggota dewan mulai fungsi legislasi, anggaran, pengawasan.”Proporsional tertutup diimbangi oleh partai harus menyiapkan annggota dewan sebaiknya,” katanya.

Selain itu, lanjut Hasto, dengan sistem proporsional tertutup, partai bisa membuka kesempatan kepada calon anggota legislatif dari luar partai tergantung kebutuhan masyarakat sekitar. Selain dari internal partai, juga representasi kebutuhan daerah bisa terwujud. Ia mencontohkan PDI Perjuangan di Yogyakarta, nantinya calon anggota dewan bisa berasal dari budayawan hingga ahli pangan. Sehingga siapa-siapa yang bakal didudukan baik sebagai calon kepala daerah maupun calon anggota legislatif orang-orang yang sudah teruji.

Untuk bisa mewujudkan hal itu, maka partai harus menjemput bola dalam menyiapkan pemimpin. Baik yang bersumber dari internal maupun dari luar partai. Khususnya mereka yang kemampuan profesinya sejalan dengan PDI Perjuangan.
(Sugiarto/CN40/SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *