Pasar Pengging Dipindah ke Desa Dukuh

by

BOYOLALI- Rencana relokasi Pasar Pengging, Kecamatan Banyudono maju selangkah. Dipastikan, lokasi pemindahan adalah di sebelah timur Dukuh Pipa, Desa Dukuh.

”Lokasi pemindahan sudah ditetapkan di sebelah timur Dukuh Pipa yang merupakan tanah kas desa. Detailed engineering desain (DED) proyek Pasar Pengging juga sudah siap,” ujar Camat Banyudono, Rita Puspitasari.

Dijelaskan, penetapan tersebut sesuai rekomendasi tim ITB yang telah melakukan survei beberapa waktu lalu. Hasil survei, lokasi tersebut dinilai paling strategis, mudah dijangkau dari segala jurusan karena terletak di pertigaan jalan. Selain lokasi tersebut, imbuh Rita, ada dua lokasi lain yang ikut disurvei.

Yaitu tanah kas di sebelah selatan Dukuh Surobayan. Di sana tersedia tanah kas desa yang sangat luas. Selain itu akses ke lokasi juga sangat mudah. Lokasi alternatif ketiga di sebelah timur Pasar Pengging saat ini. Tanah yang digunakan juga merupakan tanah kas desa, dan tak perlu ada pembebasan tanah. Sayang, tidak ada jalan alternatif untuk masuk ke sana. ”Yang ada adalah jalan buntu dari selatan Pasar Pengging saat ini.

Karena itu harus dibuatkan jalan baru. Belum lagi keruwetan di kawasan Pengging setelah Pasar Pengging dialihfungsikan menjadi alun-alun dan pusat kuliner.” Soal beban biaya yang ditanggung pedagang lama, pihaknya sudah mendapatkan jaminan Bupati Seno Samodro, bahwa seluruh pedagang lama bakal mendapat tempat. Namun, pedagang lama dibebani biaya pembangunan 45 persen dari nilai kios atau los yang ditempati.

Agar Lancar

”Pak Bupati meminta biaya penempatan dicicil pedagang setelah setahun penempatan. Namun kami dan pedagang meminta cicilan dibayar setelah dua tahun menempati lokasi pasar baru.” Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Suyitno mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada para pedagang. Tujuannya, agar pemindahan pasar berjalan lancar.

Seperti diberitakan, rencana pemindahan Pasar Pengging, Kecamatan Banyudono kembali mengemuka. Dipastikan pemindahan bakal dilakukan tahun 2017. Ada tiga pilihan lokasi pemindahan yang masih dikaji mendalam. (G10-26)