Pasar Baledono Dibangun Satu Tahun Anggaran

by
Pasar Baledono (Foto: Istimewa)

Pasar Baledono (Foto: Istimewa)

PURWOREJO, kecirit.com – Setelah Hak Guna Bangunan (HGB) Pasar Baledono kembali ke tangan Pemkab Purworejo menyusul diakhirinya perjanjian dengan PT Karsa Bayu Bangun Perkasa, teknis pembangunan kembali pasar tersebut mulai dibahas. Salah satunya penyediaan anggaran, di mana rencananya pasar yang terbakar Juli 2013 tersebut akan dibangun dalam satu tahun anggaran.

“Perencanaanya satu tahun anggaran selesai dan dimulai tahun 2017. Jadi sekarang sudah mulai persiapan perobohan bangunan supaya awal tahun anggaran 2017 pembangunan bisa dimulai,” ujar Ketua Tim Penanganan Pasar Baledono yang juga Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Keuangan Gandi Budi Supriyanto saat dimintai konfirmasi, baru-baru ini.

Diungkapkan Gandi, meski dibangun dalam satu tahun anggaran namun tidak semuanya dialokasikan dari APBD. Skenarionya ada sejumlah anggaran yang didapatkan melalui pinjaman pihak ketiga, yaitu lembaga perbankan. “Kami sudah mengundang sejumlah bank untuk membahas yang siap dipinjami,” katanya.

Disebutkan, kekurangan kebutuhan anggaran sebesar Rp 54 miliar yang akan dipenuhi melalui mekanisme pinjaman daerah ke perbankan. “Cara ini juga sudah disetujui oleh DPRD,” katanya.

Sepeti diwartakan sebelumnya, pembangunan pasar Baledono dilakukan sesuai dengan perencanaan awal yakni berdasarkan Detail Engenering Design (DED) pada tahun 2013 yakni sebesar Rp 83,6 miliar. Setelah dilakukan review RAB atas DED 2013 itu sehingga menjadi Rp 120 miliar. Rincian anggaran konstruksi Rp 117,5 miliar, pengawasan Rp 2 miliar, dan AP sebesar Rp 500 juta.

Dalam pinjaman tersebut, rencananya pengembalian sebesar Rp 54 miliar dilakukan dengan jangka waktu 36 bulan dengan besaran bunga sebesar 9,5 persen. Perhitungan besaran bunga itu berdasarkan BI rate ditambah 2 persen. Rencana pembayaran pinjaman pokok sebesar Rp 1,5 miliar dan bunga pinjaman sebesar Rp 427.500.000 dimulai pada bulan Desember 2017 tahun depan.
(Nur Kholiq/CN41/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)