Papua Siapkan Lima Wilayah Hadapi PON XX

by
foto: istimewa

foto: istimewa

BANDUNG, kecirit.com – Papua yang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan PON XX/2020, menyiapkan lima wilayah guna mendukung sukses pelaksanaan pesta multieven empat tahunan itu.

Kelima tempat tersebut adalah Jayapura yang terdiri dari kota dan kabupaten, Wamena, Merauke, Timika, dan Biak dengan tulang punggung penghubung melalui jalur udara terutama pesawat kecil.”Pemilihan tersebut berdasarkan pertimbangan bahwa daerah tersebut lebih siap, termasuk dari sisi infrastruktur,” kata Gubernur Papua, Lucas Enembe di Media Centre Utama PON XIX di Bandung, Rabu (28/9).

Berapa cabor yang akan dipertandingkan belum diputuskan. Dia pun sangat memahami pertimbangan pemilihan cabor dengan opsi mengedepankan nomor-nomor olimpik.

Dalam kaitan itu, dia menjelaskan bahwa konsentrasi pertandingan cabor akan lebih banyak digelar di Jayapura dan Timika. Mengingat dukungan sarana prasarana yang lebih memadai di kawasan tersebut.

Untuk keperluan penyelenggaraan PON XIX, pihaknya mengestimasi akan menelan biaya sekitar Rp 10-12 triliun. Biaya sebesar itu akan lebih banyak tersedot ke pembangunan infrastruktur bagi penyelenggaraan pesta olahraga akbar itu.

“Kebutuhan kita besar, berapa riilnya akan dihitung. Yang jelas jangan samakan Papua dengan pelaksanaan PON Jabar. Di sana mahal-mahal dan lebih tinggi daripada di sini. Meski demikian, kami siap menjawab kepercayaan menjadi tuan rumah PON,” katanya.
(Setyadi Dwi/ CN40/ SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *