Pantau Provokasi di Medsos, Polri Bentuk Cyber Patrol

by
foto ilustrasi - istimewa

foto ilustrasi – istimewa

JAKARTA, kecirit.com – Makin derasnya arus informasi melalui media sosial, Mabes Polri membentuk Cyber Patrol. Salah satu tujuannya untuk memantau provokasi berbau SARA dan juga penyebaran kebencian di media sosial. Menurut Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Rikwanto, bahwa hate speech (ujaran kebencian) yang bertujuan menghasut di dunia maya sudah amat mengkhawatirkan. Apalagi menjelang pemilihan kepada daerah.”Kita kerahkan cyber patrol. Dari tiap Polda itu ada, termasuk Polres, dan Polri juga ada. Manakala ada berita yang berbau SARA, akan kita amati dan telusuri. Kalau itu intens menyebarkan isi provokatif, akan kami tindak dan tangkap pelakunya,” ujar Rikwanto usai diskusi bertajuk Fenomena Media Sosial Jelang Pilkada di Gedung DPR, Kamis (29/9).

Akan tetapi dia menyebutkan aparat terlebih dahulu akan melakukan pendekatan mediasi kalau terjadi dugaan pelanggaran hukum lewat akun yang dimiliki.”Apakah pelanggaran hukum, berlanjut atau tidak, apa tujuannya, untuk menjatuhkan lawan? Itu yang perlu kami selidiki,” ujarnya.

Sementara dalam diskusi tersebut, anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu mengingatkan, Polri dan penyelenggara Pemilu agar bertindak bijaksana dalam
mengawasi Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2017. Pasalnya, penerapan pelanggaran hukum bagi sosial media dan media massa membutuhkan keterampilan khusus petugas bersangkutan memilih dan memilah.”Jangan sampai aturan yang diberlakukan justru bertentangan dengan aturan lain, yang pada gilirannya membatasi hak bicara dan berpendapat,” ujar Masinton.

Dijelaskannya, ada tiga kategori kampanye yaitu kampanye positif, negatif, dan hitam (black). Dimana kriterianya tipis antara kampanye negatif dan hitam lantaran kampanye negatif dibolehkan karena berbasis fakta. Sedangkan kampanye hitam tidak berbasis fakta.
(Mahendra Bungalan/ CN40/ SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *