Panglima TNI Pimpin Ziarah ke TMP Kusumanegara

by
ZIARAH: Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (duduk tiga dari kanan) bersama KASAD, KASAL, dan KASAu saat berdoa dalam acara ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Kota Jogja, Rabu (28/9).(kecirit.com/Gading Persada)

ZIARAH: Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (duduk tiga dari kanan) bersama KASAD, KASAL, dan KASAu saat berdoa dalam acara ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Kota Jogja, Rabu (28/9).(kecirit.com/Gading Persada)

YOGYAKARTA, kecirit.com – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memimpin ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Kota Jogja, Rabu (28/9) siang tadi. Tidak seperti biasanya, kali ini jenderal bintang empat tersebut mengajak seluruh kepala staf dan pimpinan-pimpinan dari ketiga matra untuk ikut berziarah yang dilakukan sebagai rangkaian HUT TNI ke-71.

“Kalau ziarah ke taman makam pahlawan memang rutin setiap tahunnya. Tapi untuk kali ini ketika saya mengajak KASAU, KASAL, dan KASAD termasuk pimpinan-pimpinan lainnya memang baru pertama kalinya,” papar Gatot usai berziarah, Rabu (28/9).

Ditemani KASAD Jenderal TNI Mulyanto, KASAU Marsekal TNI Agus Supriatna dan KASAL Laksamana TNI Ade Supandi serta pimpinan TNI di ketiga matra lainnya, rombongan hadir di tengah hari setelah pagi harinya berziarah terlebih dahulu ke makam Presiden RI ke-2 Soeharto di Astana Giribangun, Karanganyar.

Setibanya di taman makam pahlawan yang juga terdapat makam Jenderal Besar Soedirman, Panglima TNI menyempatkan diri memimpin upacara mengawali acara ziarah. Setelah meletakkan karangan bunga di monumen yang berada di kompleks TMP, rombongan langsung menuju makam Jenderal Soedirman. Setelah memanjatkan doa sebentar, kemudian Panglima TNI langsung melakukan tabur bunga di beberapa makam pahlawan.

“Saya ziarah seperti ini dengan kepala staf seluruh angkatan agar mengingatkan bahwa kita semuanya mempunya seorang panglima pertama yang patut diteladani. Pak Dirman (Jenderal Soedirman) itu seoang pemimpin yang dekat dengan tentaranya dan rakyat,” paparnya.

Gatot mengaku pada rangkaian peringatan HUT TNI ke-71 tahun ini, pihaknya memang melakukan sejumlah ziarah ke makam pendahulu bangsa. Sejak Selasa (27/9), dirinya bersama seluruh rombongan terlebih dahulu ziarah ke makam Presiden pertama RI, Soekarno di Blitar, setelah itu berlanjut ke Jombang tempat makam Presiden RI Abdurrahman Wahid atau Gusdur.

“Tadi pagi ke makam Pak Harto dan ke TMP tempat Pak Dirman ini sebagai penutupnya. Intinya adalah bangsa yang besar itu bangsa yang menghargai pahlawannya dan seperti apa yang disampaikan Bung Karno bahwa jangan pernah sekali kali melupakan sejarah,” tandas Panglima TNI.
(Gading Persada/CN41/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *