Pameran Kartun Dihebohkan Reuni Kartunis dan Redaktur

by
Reuni para kartunis dengan para redaktur budaya dalam acara Pameran Kartun Internasional 2016. (kecirit.com/dok)

Reuni para kartunis dengan para redaktur budaya dalam acara Pameran Kartun Internasional 2016. (kecirit.com/dok)

SEMARANG, kecirit.com – Pameran Kartun Internasional 2016 atau SECAC Cartoon Exibition yang dibuka Sabtu (29/10) malam, akhirnya malah heboh menjadi arena reuni para kartunis dengan para redaktur media massa yang pada warsa 80, 89 an saat itu menjalin kerjasama.

Terlihat pada acara “reuni” dadakan itu, antara lain kartunis yang sekarang bekerja di banyak media massa nasional. Di antaranya Jitet Kustana, Yehana SR, Darminto M Sudarmo, Joko S, Silviana Endang, Luky, Koesnan Hoesie, Ratno, Arief dan beberapa yang lain.

Di antara para awak media yang pada zamannya menjadi redaktur budaya antara lain, Prie GS, Bambang Iss, dan Joko S, yang pada saat itu banyak memuat karya kartun para kartunis ini.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Jateng Prasetyo Aribowo yang mewakili Gubernur, para kartunis yang sekarang hidup mapan di Jakarta agar bisa menularkan kiat suksesnya pada para kartunis pemula.

“Karena Kota Semarang ini kan pernah dijuluki ibu kotanya kartunis di Indonesia. Faktanya dari Semarang dan Kaliwungu pernah lahir para kartunis, dan sekarang juga ikut pameran,” kata Prasetyo.

Para seniman kartun dari 64 negara termasuk Indonesia, persisnya sebanyak 340 kartunis, akan mengikuti Secac International Cartoon Exibition 2026 atau Pameran Kartun Internasional yang diselenggarakan oleh Semarang Cartoon Club (Secac).

Pameran itu akan terselenggara sampai dua hari ke depan di Wisma Perdamaian. Dari 340 kartunis itu, beberapa di antaranya berasal dari 64 negara. Di antaranya Amerika, Eropa, China, Thailand, Australia, Afrika, Malaysia, Eropa serta Eropa Timur.

“Meski para kartunis dunia itu hanya mengirimkan karya-karyanya, tapi setidaknya acara ini perlu diapresiasi dan perlu diselenggarakan secara rutin,” harap Prasetyo Aribowo.
(Nugroho Wahyu Utomo/CN40/SM Network)

loading...