Oknum PNS Diduga Gelapkan Uang Raskin

0
24

MARGASARI – Dugaan penggelapan uang raskin kembali terjadi di Kabupaten Tegal. Kali ini, dugaan penggelapan dilakukan oleh seorang pegawai negeri sipil (PNS) di Kecamatan Margasari.

Uang raskin yang diduga digelapkan oleh oknum PNS Tri Yugo Paranto itu berjumlah Rp 146 juta. Informasi di lapangan, oknum PNS yang diduga menggelapkan uang raskin itu buron. Tim Satgas Raskin Pemkab Tegal masih terus melakukan pencarian.

Hal itu dibenarkan oleh Camat Margasari Pambudiono saat dihubungi, Kamis (29/9) siang. ”Ya benar, dia (Tri Yugo Paranto-Red) diduga telah menggelapkan uang raskin. Saat ini, Tim Raskin sedang mencarinya,” ujarnya. Pambudiono mengaku sudah menghubungi oknum PNS tersebut melalui ponselnya berkali-kali.

Namun, tidak pernah aktif. Bahkan, pihaknya bersama Tim Satgas Raskin Pemkab Tegal juga sudah mendatangi rumahnya. Tapi, tidak ketemu. ”Kami juga sudah melayangkan surat pemanggilan, tapi yang bersangkutan tidak hadir,” ucapnya. Dia menyebutkan, oknum PNS itu diduga menggelapkan uang raskin dari beberapa desa yang sudah setor ke kecamatan.

Uang yang terkumpul Rp 146 juta itu, merupakan alokasi raskin Agustus dan September 2016. Sejak diketahui menggelapkan uang tersebut, Tri Yugo Paranto tidak pernah ke kantor kecamatan. Camat juga mengaku tidak tahu keberadaannya. ”Sudah tujuh hari tidak pernah ngantor, tidak ada keterangan apa pun,” ungkapnya.

Salahgunakan Wewenang

Camat mendapat kabar, Tri Yugo Paranto saat ini sedang mencari uang untuk menutup kekurangannya itu. Camat juga sudah melayangkan surat pernyataan atau surat perjanjian kepadanya ihwal kesanggupan pelunasan uang raskin.

Namun, surat tersebut belum ditandatangani oleh Tri Yugo Paranto.† ”Kami tidak tahu uangnya untuk apa saja,” ujarnya. Dia mengungkapkan, Tri Yugo Paranto mengelola uang raskin sejak Januari 2016.

Sejak saat itu pula, dia tidak pernah ada masalah. Uang yang diterima setiap bulan dari desa, selalu disetorkan kepada petugas Bulog. Hanya, sejak dua bulan terakhir TY diduga menyalahgunakan wewenangnya. ”Untuk sementara, uang raskin dikelola oleh petugas lain,” pungkasnya. (H64-57)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here