November, Lima Keluarga Calon Transmigran Diberangkatkan

by

PEKALONGAN – Sebanyak lima kepala keluarga (KK) calon transmigran siap mengikuti program transmigrasi di Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Sri Agung Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatra Selatan. Rencananya, mereka akan diberangkatkan ke lokasi transmigrasi pada November.

”Sudah ada kepastian, kapan keberangkatan calon transmigran ke lokasi transmigrasi,” terang Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Pekalongan, Bambang Sumitro, Kamis (29/9). Kepastian itu didapat setelah dia diundang untuk mengikuti Rapat Koordinasi di Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Provinsi Jawa Tengah, pekan lalu.

”Nantinya penempatan calon transmigran pada Bulan November, minggu pertama,î sambungnya. Menurut dia, kelak Kota Pekalongan akan memberangkatkan lima keluarga. Setelah diverifikasi dan diseleksi, kelima keluarga calon transmigran tersebut sudah siap.

Sebagian besar dari mereka berasal dari wilayah Kecamatan Pekalongan Utara. ”Mereka sudah memiliki pekerjaan. Ada yang jadi nelayan, ada juga buruh pemerah susu sapi. Namun karena ingin mencari peruntungan di daerah lain, mereka memutuskan untuk pindah ke luar Jawa,” tambahnya.

Tuan Rumah

Bambang menjelaskan, sebelum calon transmigran ditempatkan di lokasi transmigrasi akan terlebih dulu dicek ke lokasi. ”Awal Oktober ini, kami dan anggota DPRD Komisi C akan berkunjung ke Banyuasin untuk melihat lokasi, mengecek kesiapan tuan rumah, dan tempat bagi usahanya,” jelas Bambang.

Pengecekan lokasi tersebut untuk memastikan sejauh mana persiapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin memenuhi fasilitas bagi calon transmigran. Di antaranya rumah yang akan ditempati dan lahan yang akan diserahkan kepada calon transmigran. Calon transmigran, lanjut dia, akan mendapatkan satu unit rumah tipe 36, pekarangan seluas seperempat hektare dan lahan usaha seluas sekitar tiga perempat hektare.

Lahan usaha akan diberikan tiga perempat hektare terlebih dahulu. Sementara itu, satu hektare akan diberikan setelah satu tahun penempatan. (K30-60)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *