Nicko Dituntut 13 Tahun

by
Foto: istimewa

Foto: istimewa

SEMARANG, kecirit.com – Warga Ciliwung, Mlatiharjo, Semarang Timur, Adrianus Nicko Bimantara (22) alias Nicko, terdakwa kasus pembunuhan terhadap Eko Budi Prasetyo dituntut jaksa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Semarang Sutardi selama 13 tahun. Narapidana kasus pembunuhan itu dituntut bersalah sebagaimana pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan.

“Terdakwa Nicko ini kami tuntut selama 13 tahun atas kasus pembunuhan terhadap saksi korban, Eko,” kata jaksa Sutardi di Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Rabu (26/10).

Dalam tuntutannya, menurut jaksa, hal memberatkannya perbuatan terdakwa telah mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang. Terdakwa juga kini sedang menjalani hukuman atas kasus serupa. Adapun, hal meringankannya terdakwa mengakui perbuatannya dan bersikap sopan selama persidangan.

Sebagaimana dakwaan jaksa, pembunuhan dengan menggunakan pisau itu dilakukan di perempatan Giant, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Kota Semarang pada Selasa (12/1). Peristiwa bermula saat terdakwa berboncengan dengan Andi Budiarto alias Gamber naik motor Honda Mega Pro yang hendak menggadaikan motornya.

Di perempatan Giant itu, Nicko melihat temannya, Abdul Karim sedang cekcok dengan Iqbal, Bima, Ridho, Saidin, Lukman, dan korban Eko Budi. Gamber lalu diminta menghentikan motornya. Kemudian, terdakwa bertanya kepada temannya, Karim yang ternyata motornya ditabrak. Temannya, Karim itu kemudian memukul Iqbal. Tak terima atas perlakuan karim, Iqbal cs lalu membalasnya dan terjadi perkelahian.

Karim dikeroyok hingga jatuh dan diinjak-injak. Lalu, terdakwa berniat menghampiri untuk melerai, tapi malah dipukul. Nicko tak terima lalu mengambil pisau dan menusuk Eko hingga meninggal dunia. Pada perkara ini, Nicko didampingi kuasa hukumnya, Dody Ariadi yang akan mengajukan pleidoi atau pembelaan atas tuntutan jaksa. “Kami akan mengajukan pembelaan dalam sidang pekan depan,” jelas Dody.

Sidang ini dipimpin ketua majelis hakim PN Semarang Eddy Parulin Siregar. Terdakwa Nicko dalam sidang sebelumnya mengaku tidak ada niatan membunuh, awalnya hanya melerai. Dalam perkara sebelumnya, Nicko juga divonis 17 tahun karena menikam Veriyadi hingga tewas. Ironisnya, pembunuhan itu dilakukan hanya dua hari sebelum Nicko membunuh Eko. Pembunuhan terhadap Veriyadi yang dilandasi motif balas dendam itu terjadi di Polder Tawang, Minggu (10/1) jam 00.30. (Royce Wijaya/CN38/SM Network)

loading...