NEWS UPDATE Berjangka | Menyimpan Sejarah, Penjara Ini Jadi Destinasi Wisata Dunia

by

kecirit.com Berjangka | PADA umumnya penjara bukan lokasi yang ingin dikunjungi karena keberadaannya sebagai tempat hukuman narapidana. Namun, beberapa penjara di dunia memiliki sejarah luar biasa, hingga membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata. Di dunia terdapat sejumlah penjara bersejarah, berikut di antaranya:

1. ALCATRAZ, CALIFORNIA, AMERIKA SERIKAT (AS)

Pulau kecil bernama Alcatraz yang terletak berdekatan dengan San Francisco Fisherman Wharf ditetapkan menjadi sebuah penjara pada 1934. Hingga 1963, Alcatraz dikenal sebagai penjara dengan keamanan super maksimun dan menjadi penjara untuk penjahat kelas kakap. Saat ini Alcatraz telah menjadi tempat wisata terkenal. Sebuah kapal khusus disediakan untuk para turis yang ingin menyambangi Alcatraz. Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah dari Kota San Francisco.

2. CHATEAU D’IF, PRANCIS

Chateau d’If awalnya merupakan sebuah benteng dan baru menjadi penjara pada pertengahan abad ke-17. Chateau d’If, terletak di sebuah pulau kecil sekitar 1,6 kilometer (km) dari lepas pantai Marseille, Prancis. Letak wilayah Chateau d’If yang terisolasi seperti Alcatraz, membuatnya ideal menjadi penjara bagi beberapa ribu tahanan politik dan agama. Kini Chateau d’If telah dibuka untuk umum dan dikunjungi wisatawan dari penjuru dunia.

3. KILMAINHAM GAOL, IRLANDIA

Kilmainham Gaol dibangun pada 1796 dan digunakan sebagai penjara sampai 1924. Penjara ini tidak memiliki sekat pemisah antara tahanan, sehingga baik pria, wanita dan anak-anak dikurung bersama-sama dalam satu sel. Revolusioner terkenal Irlandia, termasuk para pemimpin dari Easter menjadi penghuni penjara tersebut. Hari ini, penjara terkenal di Dublin tersebut telah menjadi sebuah museum sejarah Irlandia dan dianggap sebagai salah satu museum terbaik di Dublin.

4. ROBBEN ISLAND, AFRIKA SELATAN

Robben Island adalah sebuah pulau kecil di Cape Town. Pulau ini digunakan sebagai penjara selama rezim apartheid berlangsung di Afrika Selatan. Mantan Presiden terkemuka Afrika Selatan, Nelson Mandela pernah mendekam di Robben selama 18 tahun. Kini Robben Island telah tercatat menjadi situs warisan dunia UNESCO. Robben juga dikenal sebagai habitat penguin Afrika.

5. DEVIL’S ISLAND, GUYANA, PRANCIS

Devil’s Island atau Pulau Setan, adalah sebuah penjara yang dioperasikan dari 1852, ketika kekaisaran Prancis diperintah oleh Napoleon Bonaparte sampai 1953. Penjara ini digunakan oleh Prancis untuk tempat pembuangan tahanan politik. Tahanan paling terkenal adalah Kapten Alfred Dreyfus. Melarikan diri dari Pulau Setan dianggap mustahil karena pulau tersebut dikelilingi oleh sungai yang penuh ikan piranha dan hutan lebat Amerika Selatan.

6. TOWER OF LONDON, INGGRIS

Tower of London adalah sebuah kastil bersejarah di tepi utara Sungai Thames, Inggris. Kastil ini digunakan menjadi penjara pada 1100 sampai 1952. Tower of London menjadi penjara kerajaan paling penting di negara Ratu Elizabeth tersebut selama abad pertengahan. Kini kastil bekas penjara tersebut tercatat sebagai situs warisan dunia UNESCO.

7. PORT ARTHUR, AUSTRALIA

Porth Arthur terletak di Semenanjung Tasman. Port Arthur menjadi penjara untuk Kerajaan Inggris sejak 1833. Port Arthur Penitentiary akhirnya ditinggalkan pada 1877. Hari ini Porth Arthur telah menjadi salah satu situs warisan dunia.

8. HANOI HILTON, VIETNAM

Penjara Hanoi Hilton dibangun oleh Prancis pada akhir abad ke-19 untuk menahan tahanan politik Vietnam. Kemudian, selama perang Vietnam berlangsung, penjara tersebut digunakan untuk mengurung tawanan perang Amerika. Penjara Hanoi Hilton dikenal kejam. Para tahanan tidak hanya kelaparan, tetapi juga dilaporkan disiksa dan dibunuh. Penjara ditutup pada 1990-an, dan meninggalkan sedikit sisa bangunan yang sekarang telah berubah menjadi museum.

9. ELMINA CASTLE, GHANA

Elmina Castle dibangun oleh Portugis pada 1482 sebagai penjara bagi para budak yang nantinya akan dijual. Belanda kemudian mengambil alih Elmina Castle pada 1637 dan tetap menggunakan penjara ini untuk hal yang sama. Kini Elmina Castle telah menjadi situs sejarah populer, dan situs warisan dunia, UNESCO. Elmina Castle juga merupakan bangunan Eropa tertua di Ghana.

10. HOUSE OF SLAVES, PULAU GOREE, SENEGAL

The House of Slaves 1848 (Maison des Esclaves) digunakan untuk mengurung budak Afrika sebelum mereka dikirim jauh keluar Afrika. Penjara ini terletak di Pulau Goree, di lepas pantai Dakar, Senegal. Kini House of Slaves telah menjadi museum terkenal.


PT kecirit.com Berjangka
kecirit.com

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *