Netizen Indonesia Kumpulkan Dana Rp 2,5M Untuk Rohingya

0
66

Picture

PT kecirit.com Berjangka – Warganet asal Indonesia telah mengumpulkan dana Rp 2,5 miliar lebih dlm kampanye kitabisa.com/banturohingya yg digagas Aksi Cepat Tanggap (ACT).

​Dana Rp 2.521.913.038 ini telah terkumpul dari 8.354 warganet Indonesia dlm gerakan yg ditujukan untuk membantu ribuan warga Rohingya yg terdampak kekerasan di Rakhine, Myanmar.

Pada Jumat 1 September 2017, bantuan tahap kedua dari Indonesia berupa paket pangan yg meliputi beras, tepung, minyak, & air mineral telah disalurkan ke kamp pengungsi Rohingya, Ramu Upazila, di Cox’s Bazar, Bangladesh.

“Sebagai platform galang dana terbesar di Indonesia, kitabisa[dot]com memfasilitasi niat baik tiap orang untuk memberikan bantuan bagi korban krisis Rohingya,” kata Alfatih Timur, CEO kitabisa[dot]com, dlm siaran pers.

Sejak 2012, ACT telah berinisiatif menyalurkan donasi untuk etnis Rohingya.

Sebelumnya ACT jg telah mendirikan ratusan tempat penampungan di Sittwe, Rakhine State, Myanmar.

Semua bantuan pangan & medis dari rakyat Indonesia disalurkan jg ke kamp-kamp pengungsian Rohingya di Bangladesh.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan dgn State Counsellor sekaligus pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi.

Pertemuan untuk menyelesaikan krisis Rohingya, di mana Indonesia menawarkan formula 4+1.

Empat elemen ini terdiri dari, pertama mengembalikan stabilitas & keamanan.

Kedua, menahan diri secara maksimal & tidak menggunakan kekerasan.

Ketiga, perlindungan kepada semua orang yg berada di Rakhine State, tanpa memandang suku & agama.

Terakhir, pentingnya segera dibuka akses untuk bantuan keamanan.

“Empat elemen pertama merupakan elemen utama yg harus segera dilakukan agar krisis kemanusiaan & keamanan tidak semakin memburuk,” jelas Menlu Retno dlm keterangan pers.

Sedangkan satu elemen lainnya adalah pentingnya agar rekomendasi Laporan Komisi Penasihat untuk Rakhine State yg dipimpin oleh Kofi Annan, dapat segera diimplementasikan.

Satu capaian penting misi diplomasi kemanusiaan Indonesia ini adalah, dgn disepakatinya Indonesia & ASEAN terlibat dlm penyaluran bantuan kemanusiaan di Rakhine State.

Mekanisme penyaluran dipimpin Pemerintah Myanmar, namun melibatkan ICRC & beberapa negara, termasuk Indonesia & ASEAN.

Dalam pemberian bantuan ini, Indonesia selalu menekankan bahwa bantuan harus sampai kepada semua orang yg memerlukan, tanpa kecuali, tanpa memandang agama & etnis.

Mengenai implementasi rekomendasi laporan Kofi Annan, Pemerintah Myanmar membentuk komite implementasi & Badan Penasehat untuk mengawasi implementasi rekomendasi.

Retno dlm pertemuan jg menyampaikan kepedulian & komitmen tinggi LSM kemanusiaan Indonesia terhadap Myanmar.

Dalam kaitan ini Retno mencontohkan bahwa baru saja diluncurkan Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM) pada 31 Agustus 2017.

Aliansi ini terdiri dari 11 organisasi kemanusiaan, yg memprioritaskan bantuannya pada yaitu pendidikan, kesehatan, & ekonomi. Komitmen bantuan yg diberikan oleh AKIM adalah sebesar US$ 2 juta.

“Saya mengharapkan agar Pemerintah Myanmar dapat melanjutkan pemberian akses kepada AKIM karena selama ini telah bersama Pemerintah Indonesia dlm melaksanakan beberapa program,” tutur dia.

Selain melakukan pertemuan dgn State Counsellor, Retno jg melakukan pertemuan dgn tiga menteri yaitu menteri pada kantor Presiden, National Security Advisor & menteri muda urusan luar negeri.

Pertemuan ini untuk membahas masalah teknis mekanisme bantuan kemanusiaan yg akan dilaksanakan oleh Pemerintah Myanmar.

“Misi ke Myanmar paling tidak telah mencapai dua hal, pertama menyampaikan perhatian besar masyarakat Indonesia kepada situasi kemanusiaan di Rakhine State & adanya komitmen otoritas Myanmar untuk segera atasi krisis kemanusiaan tersebut.”

​”Selain itu, Indonesia jg telah mendapat akses dgn diterima dlm mekanisme penyaluran bantuan kemanusiaan yg dipimpin Pemerintah Myanmar & akan melibatkan ICRC,” papar Retno.

Baca juga Artikel – artikel menarik kami lainnya di :

  • Blogspot.com : kecirit.com on Blogspot.com
  • WordPress.com : kecirit.com Berjangka on WordPress.com
  • Blogdetik.com : PT kecirit.com Berjangka on Blogdetik.com
  • Strikingly.com : kecirit.com Berjangka on Strikingly.com
  • Wixsite.com : PT kecirit.com Berjangka on Wixsite.com
  • Simplesite.com : kecirit.com on Simplesite.com
  • Spruz.com : kecirit.com Berjangka on Spruz.com
  • Beep.com : PT kecirit.com Berjangka on Beep.com

(Prz – PT kecirit.com Berjangka)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here