Natal, Jalur Alternatif Mudik Diujicoba

0
41
foto: ISTIMEWA

foto: ISTIMEWA

SEMARANG, kecirit.com – Dishubkominfo Jateng tengah memetakan jalur-jalur alternatif mudik lebaran 2017. Rencananya, jalur tersebut akan diujicobakan pada saat libur natal dan tahun baru.

Kepala Dishubkominfo Jateng, Satriyo Hidayat menjelaskan pemetaan jalur dilakukan dengan Ditlantas Polda Jateng. Ada beberapa pertimbangan dalam menentukan jalur alternatif. Diantaranya prediksi pembangunan jalan tol hingga pertengahan tahun depan serta keberadaan SPBU.

“Belum bisa saya katakan sekarang jalurnya mana saja. Nanti akan koordinasi lebih dulu dengan Dirlantas. Tapi jalur itu akan diujicoba pada saat natal dan tahun baru,” kata Satriyo, Jumat (30/9).

Pemetaan jalur mudik dari jauh-jauh hari ini secara khusus diminta oleh Gubernur Ganjar Pranowo. Gubernur juga telah menunjuk Satriyo sebagai Ketua Tim Pelayanan Mudik Jateng 2017.

Melihat progres pembebasan lahan dan pembangunannya maka ujung jalan tol di Jawa Tengah tahun depan diprediksi ada di Pemalang. Maka potensi kemacetan mudik ada di Pemalang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Batang yang tidak memiliki ring road. Meskipun Pemerintah Pusat menarget pembangunan tol sampai Kabupaten Batang.

Jalur alternatif yang disiapkan nanti meliputi jalan-jalan tikus berstatus jalan desa. Jika jalan masih jelek, maka kabupaten/kota diminta ikut menganggarkan di APBD perubahan 2016 atau APBD murni 2017 untuk perbaikannya.

Jalur alternatif mudik yang disiapkan juga dipilih berdekatan atau melintasi SPBU. Terutama saat keluar dari ujung jalan tol. Pengalaman dari kemacetan di Brexit saat mudik 2016, macet juga terjadi di SPBU lantaran antrean panjang kendaraan.

Jika jalan tol nantinya belum jadi 100 persen dan terpaksa dibuka maka akan dipasang papan pengumuman ‘jalan darurat’. Selain itu Dishubkominfo juga akan memantau jalur jalur rawan macet melalui CCTV.

(Hanung Soekendro/CN39/SM Network)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here