Musim Peralihan, Hujan Ringan-Sedang Guyur Solo Raya

by
Sejumlah pesawat komersial parkir di sekitar landasan pacu Bandara Adi Soemarmo Solo di Boyolali. (kecirit.com/Budi Sarmun)

Sejumlah pesawat komersial parkir di sekitar landasan pacu Bandara Adi Soemarmo Solo di Boyolali. (kecirit.com/Budi Sarmun)

BOYOLALI, kecirit.com – Hujan ringan hingga sedang bakal mengguyur wilayah Solo Raya beberapa hari ke depan. Hujan lebat diperkirakan turun di kawasan Solo bagian selatan. Khusus di wilayah Boyolali, hujan ringan dan sedang terjadi pada saat sore dan malam hari.

Kilat dan angin juga diperkirakan terjadi, mengingat bulan-bulan ini memasuki musim peralihan dari kemarau ke penghujan. Namun demikian, perubahan cuaca itu tak memengaruhi perjalanan udara pesawat komersial yang mendarat atau terbang di Bandara Adi Soemarmo Solo di Boyolali.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jateng, Giyarto yang dihubungi kecirit.com, Jumat (30/9), menuturkan aktivitas penerbangan udara tetap memperhatikan kehadiran Columbus Nimbus (CB).

“Terciptanya awan CB (Columbus Nimbus) bisa saja hadir dalam cuaca seperti saat ini. Kami tetap memberikan informasi lengkap kepada pihak bandara. Dan pilot pesawat sudah mendapatkan laporan ini,” katanya.

Setiap setengah jam kata dia, BMKG terus menyampaikan perkiraan cuaca kepada pihak penerbangan baik di Semarang (Bandara Ahamd Yani) dan Solo (Bandara Adi Soemarmo). Informasi itu juga disampaikan lembaga terkait seperti SKPD, SAR, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan media massa.

Dikatakan, cuaca semacam ini (hujan ringan-sedang) akan terus berlanjut hingga bulan mendatang atau memasuki Januari. Faktor eksternal suhu permukaan laut sekitar pulau Jawa lebih tinggi (hangat), dibandingkan suhu di Samudera Pasifik ekuator sebelah timur.

Kondisi ini menyebabkan massa udara dari Samudera Pasifik ekuator sebelah timur ini menuju wilayah tenggara Jawa. “Kondisi inilah yang memicu kawasan di wilayah Eks Karesidenan Surakarta terus diguyur hujan,” paparnya.

(Budi Sarmun S/ CN33/ SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *