Musim Hujan Belum Tiba, BPBD Telah Terjunkan Perahu Karet

by
Petugas BPBD bersiaga di wilayah Kelurahan Mangkang Wetan hari ini.(kecirit.com/Bambang Isti)

Petugas BPBD bersiaga di wilayah Kelurahan Mangkang Wetan hari ini.(kecirit.com/Bambang Isti)

SEMARANG, kecirit.com – Belum tiba musim penghujan (mengacu pada BMKG), tapi pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang sudah mulai sibuk dengan upaya penanganan bencana banjir dan longsor.

Seperti yang terjadi pada Rabu (28/9) hari ini, pihaknya telah mengirim bantuan perahu karet dan karung pasir untuk banjir Kali Beringin di Kampung Kauman RT 6 / RW 3 Kelurahan Mangkang Wetan Kecamatan Tugu. Namun perahu memang belum sempat digunakan warga terdampak banjir, karena air telah surut.

Dalam satu hari ini, BPBD mengaku telah menerima lebih dari satu laporan bencana terkait cuaca ekstrem. “Kami baru saja menerima kabar ada orang terseret arus sungai dan kabar longsor di Ngaliyan,” kata salah satu petugas BPBD ditemui di Kali Beringin.

Menurut Ruddy Juhandi, Kasi Kedaruratan BPBD Kota Semarang, “Untuk musim penghujan kali ini, peta potensi bencana di Kota Semarang seperti banjir dan longsor tidak berubah dari waktu-waktu sebelumnya,” kata Ruddy.

Ada beberapa titik yang masih ditengarai potensi banjirnya tinggi, salah satunya di Kecamatan Tugu, karena di situ terdapat dua sungai yang rawan meluap, yakni Kali Beringin dan Kali Plumbon.
(Bambang Isti/CN41/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *