Muatan Barang Diatur Ketat Pengaruhi Ongkos Transportasi

by
foto: kecirit.com/ doc

foto: kecirit.com/ doc

JAKARTA, kecirit.com – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah merilis Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 134 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Penimbangan Kendaraan Bermotor di Jalan, yang bertujuan untuk memperhatikan keselamatan angkutan barang selama beroperasi di jalan.

Aturan ini dinilai memberatkan dunia usaha khususnya bisnis logistik dengan armada kendaraan truk.

Direktur Sarana dan Prasarana Perhubungan Darat Ditjen Perhubungan Darat Karlo Manik menyatakan, pemerintah ingin agar berat muatan dan dimensi sesuai kapasitasnya. Langkah ini dilakukan agar jalan tidak rusak dan sesuai dengan usia jalan yang diharapkan.

Untuk itu, Kemenhub bersama dengan daerah akan menggunakan jembatan timbang bagi kendaraan truk untuk menerbitkan JBI atau jumlah berat yang diizinkan melintas.

“Ngga ada kucing-kucingan lagi semua ada di kami termasuk jembatan timbang. Kita ingin ini lebih baik, sesuai umur jalan yang direncanakan,” katanya dalam diskusi ‘Kupas Tuntas Kebijakan Tonase dan Dimensi Kendaraan” di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/10).

Dia mencontohkan untuk angkutan barang curah tinggi bak maksimum berdasarkan konfigurasi sumbu 1.1 maka JBI sampai dengan 4500 kilogram dan tinggi bak maksimum 550 mm. Untuk konfigurasi sumbu 1.22 JBI sampai dengan 21 ribu kilogram dan tinggi bak maksimal 1000 mm.

“Saya sarankan agar jangan menggunakan truk besar karena muatan saat kosong sudah berat jadi muatannya sedikit,” ungkapnya di hadapan para pengusaha truk.

Menurutnya, perhitungan tonase dan dimensi dalam peraturan tersebut dilakukan dengan menyesuaikan kemampuan jalan menahan beban. Tujuannya agar membuat usia jalan lebih panjang.

“APM (Agen Pemegang Merek) hanya menghitung dari kemampuan kendaraan sementara kami hitung dari kemampuan jalan,” tambahnya.

Dia mengilustrasikan terdapat pengaruh muatan over loading terhadap umur jalan dari Jakarta-Semarang yakni ada penurunan umur jalan yang seharusnya 10 tahun menjadi 0,84 tahun.

(Kartika Runiasari/CN39/SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *