Model Mobil Berbahan Bakar Kimia UGM Menang di Australia

0
26
Foto: kecirit.com / Agung PW

Foto: kecirit.com / Agung PW

YOGYAKARTA, kecirit.com – Karya anak bangsa ini benar-benar tak bisa dipandang sebelah mata. Kali ini Tim Reactic  Chem-E-Car UGM membuat semua mata terbelalak ketika berhasil meraih juara dalam ajang Chem-E-Car di Adelaide University, Australia.

Chem-E-Car merupakan kompetisi bagi mahasiswa yang mendesain model mobil dengan bahan bakar  reaksi kimia. Kompetisi diikuti tim-tim dari berbagai negara yakni Australia, Iran, Indonesia, Malaysia dan New Zealand. Pada lomba perancangan mobile prototype yang digerakkan dengan reaksi kimia tersebut, UGM  memperoleh juara pertama kategori poster.

”Pada kategori poster, mobil hasil riset UGM yang dinamai Reactic 0.1 unggul dalam konsep penggunaan bahan bakar yaitu mengandalakan sel volta dari bahan-bahan organik. Sel volta tersebut bisa menghasilkan reaksi kimia sebagai energi untuk menggerakan mobil sebagai pengganti baterai,” papar General  Manajer Tim Reactic Chem-E-Car UGM, Fazri Sukmaji.

Timnya mengembangkan mobil yang digerakkan dengan reaksi kimia berbasis sel volta dengan  katodanya memakai stainless stell dan aluminum sebagai anodanya. Pada stopping mechanismnya berbasis bahan organik sehingga ramah lingkungan.

Fazri menjelaskan inovasi dari mobil Reactic 0.1 terletak pada mekanisme stopping yang menggunakan bahan organik. Mobil peserta lain pada umumnya menggunakan bahan-bahan kimia. Adapun stopping mechanism yang digunakan yakni vitamin c, obat merah, tepung maizena dan sejumlah bahan kimia lain yang aman digunakan.

“Tim juri menilai mobil kami unggul karena inovasi penggunaan bahan-bahan organik yang ramah  lingkungan sedangkan mobil tim lainnya masih menggunakan bahan-bahan kimia buatan. Kami akhirnya berhasil meraih juara pertama,” ujarnya mantap.

Selain mempertandingkan kategori poster, dalam kompetisi itu ada pula kategori race. Hanya saja  mobil UGM belum mendapatkan juara di kategori race dan harus puas berada di urutan kelima.

(Agung PW / CN26 /SM Network)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here