MK Tolak Permohonan OC Kaligis

0
40
Foto: kecirit.com/Dananjoyo Kusumo

Foto: kecirit.com/Dananjoyo Kusumo

JAKARTA, kecirit.com – Permohonan Otto Cornelis (OC) Kaligis untuk menguji materi Pasal 46 ayat (2) Undang-undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi yang mengatur tentang pemeriksaan tersangka, ditolak oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Amar putusan tersebut dibacakan Ketua Majelis Hakim Konstitusi Arief Hidayat, Kamis (29/9).

Mahkamah menilai Kaligis tidak memiliki kedudukan hukum sebagaimana diatur dalam Pasal 51 ayat (1) Undang-Undang Mahkamah Konstitusi untuk mengajukan permohonan atas ketentuan tersebut.

Selain itu mahkamah juga berpendapat bahwa tidak ada kerugian hak konstitusional yang dialami oleh pemohon dengan berlakunya Pasal 46 ayat (2) Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebelumnya, Kaligis menilai Pasal 46 ayat (2) Undang-Undang tentang KPK yang menyatakan pemeriksaan tersangka dilakukan dengan tidak mengurangi hak-hak tersangka, telah menimbulkan kerugian konstitusional. Sebab dalam pasal tersebut tidak diuraikan lebih lanjut mengenai hak-hak yang dimiliki oleh tersangka sebagaimana diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).
(ANT/CN41)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here