Miss Malaysia Pakai Baju Tema Kuda Lumping, Netizen Malah Geram Dibuatnya

by
Miss Malaysia Pakai Baju Tema Kuda Lumping, Netizen Malah Geram Dibuatnya

Netizen media sosial Indonesia dan Malaysia memang ibarat “Tom anda Jerry”, sulit sekali buat akur. Tersinggung masalah sedikit saja kadang bakal jadi konflik yang panas. Padahal kalau ditengok, hubungan bilateral kedua negara ini sejatinya adem-adem saja, hanya pengguna medsos yang heboh sendiri. INFO MENARIK

Lagi, beberapa waktu yang lalu rupanya netizen kedua negara dibuat heboh kembali. Hal ini terjadi lantaran dalam ajang kecantikan seorang model Malaysia menggunakan pakaian yang menyerupai salah satu kebudayaan Indonesia. Padahal pembuat bajunya sendiri mengaku memang terinspirasi  dari kebudayaan Indonesia. Lalu kenapa netizen malah geram sendiri? Simak ulasan berikut. TIPS KESEHARIAN

Miss Malaysia yang menggunakan kostum kuda lumping

Beberapa saat yang lalu, netizen Indonesia dikejutkan dengan kabar dari Vietnam mengenai sebuah ajang kecantikan yang diikuti beberapa negara yang diselenggarakan di sana. Ya, yang menjadi perhatian bukanlah ajang yang diselenggarakan dalam acara tersebut melainkan kostum yang dikenakan di sana. BERITA UNIK



Bagaimana tidak pasalnya salah satu kontestan Malaysia rupanya menggunakan sebuah baju yang merupakan budaya asli kita. Ya, sebuah pakaian dengan tema kuda lumping menjadi perhatian para netizen Indonesia. Pasalnya kalau dilihat dari sejarahnya, kuda lumping memang sebuah kebudayaan asli bumi pertiwi, apalagi mengingat Miss Malaysia itu malah menyebut Indonesia itu sebagai “Kuda Warisan” alhasil netizen pun dibuat heboh.

Dianggap sebuah “Pencomotan” yang dilakukan Malaysia

Adanya kejadian ini, alhasil banyak dari netizen Indonesia yang menganggapnya sebagai usaha klaim dari negeri jiran atas budaya asli kita. Mengingat dari dulu memang kedua negara ini sering mengalami pergeseran hanya karena masalah serupa. Alhasil, netizen Indonesia pun membully habis-habisan sang model sekaligus akun officialnya.


Bahkan tak jarang malah terjadi saling perang bully di media sosial dengan netizen Malaysia  yang juga mengaku bahwa “Kuda Warisan” merupakan budaya asli mereka yang sudah ada sejak kakek moyangnya. Kejadian terus memanas hingga akhirnya pihak terkait mengklarifikasi mengenai pakaian dan “Kuda Warisan” yang dia kenakan.

Pihak Malaysia mengakui kalau kebudayaan “Kuda Warisan” dari Jawa

Melalui akun media sosial pribadinya, Hana Yacob, selaku perancang busana tersebut melakukan klarifikasi agar tidak timbul perang komentar yang mungkin makin memanas. Ya, dia mengatakan kalau memang busana yang menyerupai kuda lumping itu memang asalnya dari pulau Jawa.



Namun demikian di Negeri Jiran sendiri rupanya juga ada adat serupa yang diberi nama dengan “Kuda Warisan”. Berdasarkan dari adat “Kuda Warisan” itulah yang merupakan inspirasi dari pembuatan busana itu sendiri. Meskipun berasal dari Indonesia, awalnya sang desainer tidak mencantumkan informasi lengkapnya, dan hal itulah yang membuat perang komentar antara netizen  dimulai.

Jejak suku Jawa memang ada di Malaysia  sampai sekarang

Tidak bisa dipungkiri kalau banyak kebudayaan Malaysia sendiri yang memang mirip dengan Indonesia. Hal itu dipengaruhi oleh sejarah kedua negara, terutama saat banyak orang Indonesia yang waktu penjajahan dulu dikirim ke negeri jiran. Beberapa kembali ke tanah air, namun beberapa lainnya rupanya tetap menetap di sana.



Akhirnya, yang memilih tinggal di Malaysia membentuk lingkungan adatnya sendiri. Semisal perkampungan Jawa, di Malaka, kampung batak dan lain-lain. Masalah budaya, mereka pun juga masih mempertahankan milik nenek moyangnya yang keturunan Indonesia, jadi bukan hal yang aneh kalau bakal banyak kesamaan di kedua negara.

Memang sudah berulang baik Indonesia maupun Malaysia sempat mengalami permasalahan kebudayaan yang hampir sama ini. Alhasil predikat “tukang klaim” seolah melekat dalam pandangan netizen kedua negara. Namun demikian, sebenarnya kedua negara ini adalah saudara serumpun, kalau banyak kebudayaannya yang sama, memang bukan suatu keanehan.