Minat Masyarakat Jadi Pengusaha Tinggi

by

MASARAN – Minat masyarakat Sragen untuk memiliki usaha dan menjadi wirausahawan yang mandiri dan berdikari ternyata sangat tinggi. Bahkan banyak generasi muda yang sangat berminat untuk menjadi pengusaha dan bisa sukses saat usia masih muda. Tapi mereka seringkali tidak mempunyai bekal yang cukup dan bingung bagaimana untuk memulainya. Mereka juga seringkali berpikiran dibutuhkan modal yang besar untuk bisa mendirikan usaha. Hal ini diungkapkan Ketua BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sragen Budiono Rahmadi saat ditemui, kemarin.

Pengusaha yang akrab dipanggil Mas Bro ini mengatakan, karena itu, Hipmi Sragen bersama beberapa pihak mendirikan Sekolah Bisnis Sragen (SBS), yang bertujuan untuk menumbuhkan minat dan masyarakat Sragen yang ingin menjadi pengusaha. Ternyata sambutan warga Sragen terhadap SBS ini sangat baik dan sudah banyak yang mengikuti. ”SBS yang didirikan pada 2 Oktober 2014 ini gratis, masih eksis, bahkan sudah meluluskan enam angkatan,” katanya.

Pada angkatan keenam, peserta dibagi dalam dua kelas, yakni kelas pertama untuk yang sudah memiliki usaha sendiri dan kelas kedua untuk yang belum mempunyai usaha sendiri.

Roadshow

Pengusaha muda asal Masaran ini mengatakan, dalam setiap angkatan ada sepuluh kali pertemuan. Di SBS itu diberikan berbagai motivasi dan pelatihan bagaimana menjadi seorang pengusaha, termasuk tentang pemasaran dan cara untuk mendapatkan modal. Agar semakin banyak yang mengetahui keberadaan SBS ini dilakukan roadshowke beberapa kecamatan, antara lain Jenar, Masaran, Sidoharjo, Karangmalang, dan Sumberlawang.

Ternyata dari setiap roadshow yang dilakukan, banyak masyarakat Sragen yang tertarik mengikuti SBS sebagai tambahan modal dan motivasi menjadi seorang wirausaha yang sukses. Karena banyak yang berminat, maka diadakan seleksi untuk mereka yang ingin mengikuti SBS. Para mentor dalam sekolah itu adalah para pengusaha muda yang sukses dan ingin berbagi kesuksesan dengan calon wirausaha lainnya.

Sesungguhnya, tandas Mas Bro, untuk menjadi seorang pengusaha itu tidak diperlukan modal yang besar. Yang terpenting adalah modal jujur, optimistis, tekun, yang otomatis akan membawa kesuksesan. ”Dulu saya juga memulai usaha dengan berkeliling dan dengan modal jujur, optimistis, tekun, itu membuahkan hasil yang sesuai keinginan,” ujarnya. (H53- 85)