Menpan Sebut Investasi Bisa Macet Jika Birokrasi yang Melayani Macet

by
Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA, kecirit.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mennyebut, jika pembenahan iklim investasi menjadi fokus pemerintah.

Ujung tombak dalam hal ini adalaah pelayanan kepada investor menjadi ujung tombak. “Bila birokrasi yang melayani macet, investasi ikut macet,” ujar Menpan.

Pada pelayanan publik terdapat birokrasi yang berbelit-belit dan kurang transparan, yang masih dirasakan masyarakat sampai saat ini. Maka dari itu,  percepatan penerapan teknologi sebagai bagian dari reformasi birokrasi terus didorong Kementerian PANRB.

“Dengan memanfaatkan IT, sistem pelayanan lebih terbuka dan mengurangi pertemuan antara pemberi dan penerima pelayanan untuk menghindari pungli,” ujarnya.

Asman menyebut, pihaknya menargetkan tahun 2017 semua pemerintah daerah dapat menerapkan sistem e-government. Dengan cara itu, pemerintahan menjadi lebih fleksibel melihat perubahan yang lebih cepat.

Menurut Asman Abnur, E-government atau sistem pemerintahan berbasis elektronik akan memungkinkan pemerintahan yang transparan dan dapat diakses semua masyarakat.

(Andika Primasiwi / CN26 / SM Network)