Mengenal Wilayah Indonesia Dan Perkembangan Provinsinya, Kaltara Provinsi Termuda

by
Wilayah negara Indonesia sanggup dilihat secara astronomis dan secara geografis. Secara astronomis wilayah Indonesia terletak pada 6° Lintang Utara (LU) – 11° Lintang Selatan (LS) serta 95° Bujur Timur (BT) – 141° Bujur Timur (BT). Secara geografis wilayah Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta dua samudra yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

 Wilayah negara Indonesia sanggup dilihat secara astronomis dan secara geografis Mengenal Wilayah Indonesia dan Perkembangan Provinsinya, Kaltara Provinsi Termuda

Wilayah Indonesia yang sangat luas tersebut dihuni oleh penduduk yang jumlahnya sangat banyak pula. Jumlah penduduk Indonesia mencapai lebih dari 200 juta jiwa. Jumlah penduduk Indonesia menempati urutan yang keempat terbesar di dunia.
Penduduk Indonesia tersebar di banyak sekali pulau di Indonesia. Mayoritas penduduk Indonesia bermukim di lima pulau utama, yaitu Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Dari kelima pulau tersebut, yang paling padat penduduknya ialah Pulau Jawa. Untuk
mengatasi dilema kepadatan penduduk yang belum merata, pemerintah perlu mengadakan aktivitas transmigrasi. Transmigrasi ialah perpindahan penduduk dari kawasan yang berpenduduk padat ke kawasan yang penduduknya masih jarang.
Pulau-pulau di Indonesia terbagi menjadi beberapa provinsi. Saat ini provinsi di Indonesia berjumlah 33 provinsi. Namun, pada awal kemerdekaan jumlah provinsi di Indonesia tidak sebanyak dikala ini. Pada awal kemerdekaan jumlah provinsi di Indonesia hanya delapan provinsi. Kedelapan provinsi tersebut adalah:
a. Provinsi Sumatra,
b. Provinsi Jawa Barat,
c. Provinsi Jawa Tengah,
d. Provinsi Jawa Timur,
e. Provinsi Borneo (Kalimantan),
f. Provinsi Sulawesi,
g. Provinsi Sunda Kecil (Nusa Tenggara), dan
h. Provinsi Maluku.
Seiring perkembangan zaman terjadi pertambahan jumlah provinsi di Indonesia. Jumlah provinsi yang bertambah ini terjadi dimaksudkan untuk mempercepat pelayanan pemerintah kepada seluruh rakyat Indonesia. Pelayanan pemerintah yang cepat sanggup meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat.
Berikut ini tabel perkembangan provinsi di Indonesia semenjak awal kemerdekaan hingga sekarang.

 Wilayah negara Indonesia sanggup dilihat secara astronomis dan secara geografis Mengenal Wilayah Indonesia dan Perkembangan Provinsinya, Kaltara Provinsi Termuda
Terbaru, pada tahun 2012 provinsi di Indonesia bertambah menjadi 34 provinsi. Provinsi terakhir ini ialah Kalimantan Utara yang beribu kota di Tanjung Selor.
Kalimantan Timur cuilan utara merupakan bekas wilayah Kesultanan Bulungan. Daerah Kesultanan Bulungan merupakan bekas kawasan milik Kerajaan Berau yang melepaskan diri. Kerajaan Berau berdasarkan Hikayat Banjar termasuk dalam imbas mandala Kesultanan Banjar semenjak zaman dahulu kala, ketika Kesultanan Banjar masih berjulukan Kerajaan Negara Dipa/Kerajaan Negara Daha. Dalam tahun 1853, Bulungan sudah dimasukkan dalam wilayah imbas Belanda. Sampai tahun 1850, Bulungan/Kaltara berada di bawah Kesultanan Sulu. Semenjak tanggal 13 Agustust 1787, Kesultanan Banjar dan vazal-vazalnya di sekitar Kalimantan jatuh dan menjadi kawasan protektorat VOC Belanda, maka semenjak dikala itu  Kompeni Belanda menciptakan batas-batas wilayah di Borneo dengan berdasarkan batas-batas klaim Kesultanan Banjar yaitu cuilan wilayah paling barat ialah Sintang sedangkan wilayah paling timur ialah Berau (termasuk Bulungan & Tidung).

Wilayah yang terlalu luas sanggup menyebabkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat menjadi terhambat. Pulau Sumatra termasuk pulau yang besar. Oleh sebab itu, harus dibagi menjadi beberapa provinsi.
Apabila hanya terdiri atas satu provinsi maka akan menghambat pelayanan kepada masyarakat di Pulau Sumatra. Misalnya dalam hal pendidikan dan kesehatan. Sedikitnya sarana kesehatan dan pendidikan di Pulau Sumatra sanggup menyebabkan kesejahteraan masyarakatnya menjadi rendah.
Namun, kini jumlah provinsi di Pulau Sumatra ada sembilan. Kesembilan provinsi itu ialah Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Bangka
Belitung, dan Lampung. Dengan adanya pembagian tersebut, kini di Pulau Sumatra telah banyak bangkit sarana pendidikan dan kesehatan. Pelayanan masyarakat dilakukan oleh pemerintah
masing-masing provinsi. Indonesia memiliki batas-batas wilayah tertentu. Berikut
ini batas-batas wilayah Indonesia secara umum.
a. Batas sebelah utara : Laut Cina Selatan, Samudra Pasifik, Malaysia, Filipina, dan Singapura.
b. Batas sebelah selatan : Samudra Hindia dan Australia.
c. Batas sebelah timur : Papua Nugini.
d. Batas sebelah barat : Samudra Hindia.
Demikian artikel mengenai wilayah Indonesia dan perkembangan provinsinya. Selamat belajar.

loading...