Mengenal NSR 500, Motor Pertama Valentino Rossi yang Membuatnya Jadi Raja Sirkuit

by
Mengenal NSR 500, Motor Pertama Valentino Rossi yang Membuatnya Jadi Raja Sirkuit

Valentino Rossi tentu nama yang tidak asing untuk semua orang. Pembalap bernomor 46 ini memang sangat mudah dikenali dari mulai motor dan aksi-aksi yang selalu membuat orang berdecak kagum. Ikon motoGP ini juga memiliki segudang prestasi dengan pernah menjuarai semua kelas balapan. Kehebatan orang Italia ini tidak terlepas dari skill balapnya yang ciamik dan pasti berkat tunggangannya. BERITA UNIK

Berbicara motor Valentino Rossi tentu ada banyak sekali, karena memang orang ini tercatat berpindah-pindah tim pabrikan. Namun, ada satu motor yang sangat berpengaruh dalam karirnya, yaitu NSR500. Motor ini lah yang membuat dirinya yang saat itu berada pada tim satelit Honda dapat juara. Dan hebatnya lagi mampu bergerak sangat cepat di tikungan, lantas seperti apa motor ini? Simak ulasannya berikut  INFO SPECIAL

Motor yang sangat sulit untuk dikuasai. TIPS KESEHARIAN



Sebagai kendaraan legend NSR 500 memang tidak mudah digunakan oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan system 2 stroke pada motor membuatnya perlu keahlian khusus untuk mengendalikannya. Bahkan Valentino Rossi memerlukan waktu satu tahun untuk menaklukannya. Motor 500 cc ini juga selalu sulit ditebak saat berada pada tikungan karena terkadang roda terlihat slip lalu dapat mencengkram kuat. Hal ini dapat menjadikanmu terpelanting apabila tidak pintar-pintar dalam menggunakannya. Jadi tidak heran apabila banyak orang yang mengatakan kalau motor ini dapat menyiksamu apabila kamu tidak dapat mengendalikan.

Hanya pernah ditumpangi oleh beberapa pembalap



Honda tentu sangat bangga dengan NSR 500 ini yang banyak sekali meraih gelar juara. Tercatat 54 kali motor memenangi balapan saat dipegang oleh pembalap legendaris Mick Doohan. Pria asal Aussy ini tentu harus berbangga karena pernah menungganginya. Karena setelah dirinya pensiun hanya dua orang yang pernah mengendalikannya yaitu Valentino Rossi dan Alex Criville. Dan untuk Rossi NSR 500 merupakan saksi bisu bagaimana dia meraih gelar dunia setelah naik kelas dari 250 cc. Kemenangannya terasa spesial karena berangkat dari tim satelit Honda yang sebelumnya banyak diragukan.

Motor 2 stroke yang kehebatannya jarang ada yang menandingi



Sejarah mencatat motor ini dikeluarkan pada tahun 1984 dan merupakan motor 2 stroke terhebat. Hal ini dapat dilihat dari segudang prestasi orang yang menggunakan motor ini, dari mulai Mick Doohan, Alex Crivellie dan yang terahkir Valentino Rossi. Ditambah lagi NSR 500 tercatat dalam sejarah sebagai Prototype pertama yang masuk dalam nominasi motor legenda yang sampai sekarang belum ada yang menyamai dirinya. Hal ini berbekal dari performa engine yang 500 cc yang tidak ada lawannya. Meskipun saat ini moto GP terus berkembang tapi kehebatannya tidak lekang oleh waktu.

Motor Honda terbaik sepanjang masa yang telah pensiun



Kisah motor ini memanglah tidak pernah lekang oleh waktu, bahkan kehebatannya banyak diimpikan orang untuk ditunggangi. Tapi harapan untuk menggunakannya saat ini sirna karena setelah perubahan regulasi dari 2 stroke ke 4 T, NSR500 dipensiunkan. Tragis memang apabila motor ini tidak digunakan lagi bila melihat segudang prestasinya. Pengganti motor ini adalah RC221 V yang bisa dikatakan kemampuannya belum mampu mengulangi kehebatan tunggangan Mick Doohan itu. Bahkan prestasi Honda terus menurun pada ajang motor GP setelah menggunakan kendaraan baru tersebut. Namun belakangan pabrikan Honda mulai menemukan rohnya dengan RC213V.

Motor ini tentu merupakan kehebatan Honda yang sulit sekali terulang. Bahkan rekor 54 kali kemenangannya belum terpecahkan oleh motor manapun. Dan kehebatannya merupakan jalan pertama Valentino Rossi bisa seperti sekarang. Meskipun tidak diproduksi lagi tapi peminatnya bisa dikatakan sangat banyak. Selain itu sebagai pencinta motor zaman now pasti ingin melihat secara suguhan motor ini beradu cepat di sirkuit balap.