Membedakan Madu Asli Dan Campuran

by
manfaat madu bagi anak balita

 Madu adalah cairan yang banyak mengandung zat gula dan rasanya sangat manis, banyak terdapat pada sarang lebah dan bunga. Madu memiliki banyak manfaat  terutama untuk kesehatan tubuh. Madu mengandung banyak vitamin yang diperlukan oleh tubuh dan juga mengandung kalori untuk aktivitas tubuh. Madu juga dapat dijadikan sebagai antibiotik, dan berbagai obat dalam kesehatan tubuh. Dari dulu hingga sekarang banyak yang menjual madu, karena banyak juga yang mencarinya untuk berbagai keperluan seperti di atas. Namun bagaimanakah cara untuk membedakan antara madu asli dan madu bukan asli atau sudah banyak dicampur dengan air gula dan lain-lain. Karena di pasaran banyak penjual madu campuran yang mengaku-ngaku menjual madu asli. Dengan mengerti cara membedakan madu asli dan madu campuran, maka kita akan terhindari dari membeli madu bukan asli dengan harga mahal dan tentunya manfaat yang didapat sesuai dengan harapan.

Madu biasanya diambil dari sarang lebah yaitu dengan cara diperas. Madu dapat diambil dari ternak lebah atau pun dari sarang lebah yang bukan dari budidaya lebah yang biasanya bersarang dengan sendirinya di tempat-tempat tertentu seperti di dahan pohon di hutan atau pun di sekitar rumah. Proses panen madu pun dilakukan pada waktu-waktu tertentu, di mana pada waktu tertentu kandungan madu sangat banyak. Proses pengambilan sarang lebah pun dilakukan dengan cara mengusir lebah-lebah agar pergi dari sarangnya dengan berbagai cara, seperti menggunakan asap dan lain-lain. Setelah lebah banyak pergi, maka barulah sarangnya diambil. Sarang lebah dipotong-potong kemudian diperas, disaring dan diambil madunya.

Setiap jenis lebah akan menghasilkan jenis dan kualitas madu yang berbeda pula. Ada banyak jenis madu yang terdapat di Indonesia dari sabang sampai merauke. Setiap daerah kadang jenis madunya berbeda dengan dearah lain, begitu juga sumber madu yang diambil lebah dari tumbuhan yang berbeda juga.

Sifat Madu Asli/Madu Murni:

manfaat madu bagi anak balita
manfaat madu bagi anak balita
madu untuk balita
madu untuk balita
kecirit.com-Manfaat-Minum-Teh-Campur-Madu-300x188
kecirit.com-Manfaat-Minum-Teh-Campur-Madu-300×188

Beberapa cara yang sudah dicoba/dipraktekkan oleh penulis sendiri menurut berbagai sumber cara memeriksa madu asli atau bukan. Berikut ini cara menilai keaslian madu:

Tidak beku terhadap suhu dingin, jika madu diletakkan di dalam freezer kulkas, maka madu asli tidak akan membeku. Sedangkan madu campuran tentu akan membeku karena sudah banyak campuran air dan gula.
Terpisah dari air, jika diletakkan di dalam gelas yang berisi air, maka madunya akan tetap mengendap di bagian bawah gelas dan air pada bagian atas gelas tetap jernih (tidak bercampur madu) kecuali jika sudah diaduk. Jika sudah diaduk, yang asli akan lebih jernih dibandingkan dengan yang sudah dicampur karena menjadi lebih keruh.
Madu bisa membuat matang kuning telur, setelah dicampur dengan madu, maka kuning telur akan menggumpal-gumpal seperti sudah direbus dengan air hangat kuku.
Madu asli ditakuti semut merah, coba letakkan setetes madu di tempat-tempat yang banyak semut merahnya atau di tempat lewat semut, maka semut merah akan mendekat kemudian pergi tanpa mencicipi madu. Namun, semut hitam halus tentu masih menyenangi madu asli. Jika madu sudah ada campuran gula tentunya semut merah akan singgah mencicipi madu campuran tadi dan semut lainnya juga akan banyak berdatangan.
Madu tidak cepat kering seperti air, jika madu diletakkan di tempat terbuka, maka madu akan tetap seperti bentuk semula tanpa mengalami kering atau perubahan sedikit pun.
Madu murni jika dipanaskan/dibakar akan berbusa lebih banyak dan dapat meluber/melimpah/meluap dibandingkan madu palsu.
Tidak menembus kertas seperti air.
Korek api tetap mau menyala jika sudah kena madu asli, kalau madu sudah bercampur dengan air, maka korek api tidak akan menyala.
Setelah dipanaskan akan tetap lembut, tapi yang palsu akan menjadi keras.
Jika daging direndam ke dalam madu murni dalam waktu beberapa minggu, maka dagingnya akan mengeras, mengecil, dan tidak berbau. Sementara yang palsu akan membuat daging tetap bentuknya, tapi berbau busuk.

Agar tidak tertipu dengan penjual nakal, belilah madu langsung dari peternakan lebah. Demikian beberapa cara untuk mengecek keaslian madu atau cara membedakan madu asli dan madu campuran atau madu palsu.

sumber : http://tebingsekumbang.blogspot.com/2014/09/cara-membedakan-madu-asli-dan-palsu-campuran.html
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *