Mari Kita Lihat Apakah Darah Kita Sehat

0
368
kecirit.com-mr-donor

Mungkin kita jarang mendengar dan memperhatikan kalau memang darah kita juga menghasilkan sampah. Yang dalam dunia kesehatan biasa disebut dengan kreatinin.

Kreatinin adalah produk limbah kimia yang berada dalam darah, limbah ini kemudian disaring oleh ginjal dan dibuang ke dalam urin. Kreatinin merupakan produk sampingan dari kontraksi otot normal, di mana kreatinin terbuat dari creatine yang merupakan pemasok energi untuk otot.

Fungsi Creatine

Creatine adalah asam amino yang diproduksi oleh hati, pankreas dan ginjal. Creatine juga bisa diperoleh dari luar tubuh yaitu dari sumber makanan seperti ikan dan daging. Otot-otot kita menyimpan creatine sebagai creatine phosphate, yang merupakan sumber ATP, yang menyediakan energi.

Ketika otot beristirahat, respirasi aerobik biasa akan menyediakan energi yang cukup sehingga tidak memerlukan kreatin fosfat. Namun, ketika otot-otot bekerja secara aktif, maka akan membutuhkan banyak ATP untuk energi dan mulai menggunakan cadangan kreatin fosfat.

Berapa Kadar Kreatinin Normal?

Tentu saja kadar kreatinin antara laki-laki dengan wanita berbeda. Karena jumlah jaringan otot yang dimiliki laki-laki lebih banyak otomatis jumlah kreatinin pada wanita lebih rendah. laki-laki memiliki kadar kreatinin normal sekitar 0,6-1,2 miligram/??deciliters (mg / dL), sedangkan nilai normal kreatinin pada wanita antara 0,5-1,1 mg/dL

Pada dasarnya, kadar kreatinin dalam darah tetap tidak berubah dari hari ke hari karena massa otot biasanya tetap sama. Namun, adanya efek penggunaan obat-obatan tertentu, makan banyak daging atau latihan otot atau olahraga lainnya dapat menyebabkan kadar kreatinin tinggi, bahkan pada mereka yang tidak memiliki penyakit ginjal kronis (CKD).

Pun juga bagi orang yang sudah lanjut usia, kadar kreatinin bisa lebih rendah dari normal pada orang, apalagi orang tersebut kurang akan gizi.

Kreatinin Dan Penyakit Ginjal Kronis
Ginjal yang rusak, akan berpengaruh buruk pada tubuh, ia tidak dapat menyaring limbah seara efisien. Kondisi ini lalu menyebabkan kenaikan kadar kreatinin dalam darah. Karenanya orang dewasa dengan penyakit ginjal yang memiliki kadar keratinin darah tinggi mencapai 10,0 mg/dL, dan pada bayi bila kadar kreatinin mencapai 2,0 mg/dL, akan dianjurkan untuk melakukan pencucian darah.

Gejala Kreatinin Tinggi

Tak semua orang yang memiliki penyakit ginjal merasakan tanda-tanda  kadar kreatininny tinggi, namun biasanya orang tersebut akan merasakn seperti, rasa lelah atau lemah, dehidrasi, Kebingungan, dan Sesak napas.

Untuk memastikannya adalah dengan cara melakukan pemeriksaan darah yang didalamnya ada tiga tes khusus yakni Kreatinin serum, Kreatinin Klirens (Ccr atau CrCl) dan BUN (Blood Urea Nitogen). Dan ketiga tes tersebut dilakukan untuk mengukur kadar kreatinin dan untuk membantu menentukan fungsi ginjal.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here