Manfaat dan Khasiat Jagung

by
kecirit.com jagung-manis

Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang bisa menjadi makanan alternatif pengganti beras. Jagung termasuk salah satu jenis makanan yang mudah dikenali dari bentuk fisiknya yaitu biji yang bewarna kuning dan berderet memanjang mengelilingi tongkolnya. Jagung bakar dan jagung rebus merupakan dua cara menjadikan jagung sangat nikmat untuk dimakan. Namun, disamping rasanya yang gurih dan nikmat, jagung menyimpan berbagai manfaat tersembunyi bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat dahsyat jagung bagi kesehatan tubuh tersebut…???

Manusia membutuhkan energi untuk dapat beraktivitas, bekerja dan berpikir setiap hari. Untuk itulah, mengkonsumsi aneka makanan yang memiliki kandungan karbohidrat menjadi salah satu solusi terbaiknya. Beras, gandum dan jagung merupakana beberapa makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Khusus untuk jagung, makanan ini ternyata memiliki dan menyimpan berbagai nutrisi lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh anda. Berikut ini beberapa manfaat dahsyat jagung bagi kesehatan tubuh anda :

Nah berikut ini adalah manfaat jagung untuk kesehatan berdasarkan dari kandungan nutrisi jagung tersebut, diantaranya yaitu:

kecirit.com Resep-Bubur-Jagung
kecirit.com Resep-Bubur-Jagung

1. Dapat melawan kanker
Kandungan asam fenolik-senyawa ferulic-agen anti kanker yang telah terbukti secara efektif dapat memerangi tumor pada kanker payudara dan kanker hati.

2. Dapat mencegah anemia dan sebagai sistem imun
Jika anda terkena anemia dengan mengkomsumsi jagung dapat meyembuhkan anemia. Hal ini karena, kandungan vitamin B12  yang terdapat dalam jagung terbukti dapat mencegah anemia yang disebabkan kekurangan vitamin. tidak hanya vitamin B12 tapi terkandung juga vitamin B2 yang berfungsi untuk mempertahankan keseimbangan sel tubuh.

3. Sebagai sumber asam linoleat
Asam linoleat merupakan asam lemak esensial yang bersifat tidak jenuh dan baik untuk kesehatan tubuh kita. asam linoleat berperan sebagai asupan  dan transportasi vitamin D yang dibutuhkan tubuh.

4. Sebagai sumber kalium
Peran kalium dalam tubuh sangatlah penting, ini karena kalium berperan sebagai elektrolit yang membantu mengatur tingkat cairan dan menjaga keseimbangan air dalam tubuh sehingga organ tubuh dapat berfungsi dengan tepat. Kalium sendiri bersifat diuretic yang dapat melancarkan pembungan air seni yang berguna untuk mengatasi infeksi saluran kemih, mencegah batu ginjal dan menurunkan kadar asam urat.

5. Sebagai sumber vitamin C
Kandungan vitamin C, karotenoid dan bioflavinoid yang terdapat dalam kandungan jagung manis bisa menjaga jantung tetap sehat dengan cara            mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh. dengan rutin mengkomsumsi minyak kulit jagung dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Sebagai sumber asam pentotenat ( vitamin B5 )
Vitamin B5 berperan sebagai dalam memproses metabolisme karbohidrat, protein dan lemak yang diubah menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

7.  Sebagai sumber asam folat
Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, ini karena kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat mempengaruhi pertumbuhan janin. Asam folat pada ibu hamil  dapat berperan penting untuk mencegah bayi kekurangan berat badan dan cacat lahir. Selain itu, mengkomsumsi jagung pada ibu hamil dapat memperlancar ASI.

kecirit.com jagung-muda-3
kecirit.com jagung-muda-3

8. Sebagai sumber beta-karoten
Beta-karoten perperan penting untuk membentuk vitamin A dalam tubuh, sehingga jika dikonsumsi secara rutin dapat bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit.

9. Sebagai sumber serat
Jagung merupakan sumber serat yang sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Dengan rutin mengkomsumsi jagung dapat mencegah sembelit, wasir dan resiko terkena kanker usus besar. Hal ini dikarenakan jagung kaya akan serat, jika anda ingin diet anda bisa mengganti kebutuhan karbohidrat dengan jagung ini karena serat kasar pada jagung dapat memberi rasa kenyang lebih lama.

 10. Sebagai sumber mineral
Mineral penting yang  terdapat dalam jagung terutama fosfor yang berperan penting bagi kesehatan tulang dan gigi.  Kandungan lain yang terdapat dalam jagung adalah magnesium, zat besi, mangan dan seng.

Magnesium sendiri dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Jagung juga merupakan sumber kalori tertinggi dalam kelompok sereal yang rendah gula dan kadar indeks glikemiknya. Oleh karena itu, mengkonsumsi jagung sangat dianjurkan bagi penderita diabetes dan hipertensi dibanding nasi.

11. Sebagai anti-aterogenik
Minyak jagung telah menunjukan sifat anti-aterogenik yang dapat memicu meningkatnya kadar kolesterol, sehingga dapat mencegah resiko terkena penyakit kardiovaskular.

12. Sebagai sumber protein
Didalam 100 gram jagung terkandung 9,2 gram protein. Protein berperan sebagai pembentukan jaringan otot baru dan meningkatkan kerja sel dalam tubuh.

13. Sebagai sumber pigmen fenolik flavonoid
Dengan mengkomsumsi jagung yang kaya akan flavonoid dapat membantu pencegahan kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

14. Memperkuat Tulang Pada Tubuh Anda.

Jagung ternyata mengandung nutrisi seperti magnesium, besi, tembaga serta fosfor. Berbagai nutrisi itulah yang dapat menutrisi tulang agar lebih kuat dan tidak mudah rapuh.

15. Menjadikan Kulit Lebih Awet Muda.

Antioksidan yang melimpah dalam jagung dapat membantu menutrisi seluruh jaringan kulit di tubuh anda. Jadi, bagi siapapnn yang berniat tampil fresh dan terlihat lebih muda dari usia yang sebenarnya, jagung bisa menjadi salah satu kuncinya.

16. Menangkal Gejala Kurang Darah Atau Anemia.

Kepala pusing merupakan salah satu indikasi bahwa seseorang terkena anemia. Jagung memiliki kandungan vitamin B serta asam folat yang berfungsi mencegah anemia yang cukup efektif.

17. Meningkatkan Kesehatan Organ Jantung Anda.

Jagung menyimpan nutrisi seperti vitamin C, karotenoid serta bioflavonoid yang berperan dalam mengontrol kadar kolesterol didalam darah serta meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh anda.

18. Menyehatkan Organ Penglihatan Anda.

Jagung mengandung sumber beta karoten yang mana merupakan pembentuk vitamin A didalam tubuh anda. Jadi, konsumsilah jagung dengan batas yang normal untuk membantu  mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh organ mata anda.

19. Pencegah Diabetes Yang Cukup Efektif.

Kandungan fitokimia yang terdapat dalam biji jagung akan mengatur  penyerapan serta pelepasan hormon insulin didalam tubuh anda. Inilah yang menobatkan jagung sebagai salah satu makananan yang bergizi tinggi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh semua orang.

Nah demikianlah sedikit pembahasan tentang manfaat jagung bagi kesehatan. Ayo jangan ragu lagi untuk mengkomsusmi jagung yang kaya akan kandungan zat yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Semoga bermanfaat dan membuat anda semakin tahu.

sumber : http://intips-kesehatan.blogspot.co.id/2014/03/manfaat-dahsyat-jagung-kesehatan-tubuh.html, http://manfaat.co/manfaat-jagung.html