Lulus UKK, Siswa Dapat Sertifikat Kompetensi

by
Foto: kecirit.com/ Fadlan M Zain

Foto: kecirit.com/ Fadlan M Zain

PURWOKERTO, kecirit.com – Peserta didik jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tidak hanya diwajibkan untuk mengikuti Ujian Nasional (UN), tetapi mereka juga harus mengikuti ujian praktik. Salah satunya Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) yang bersifat secara nasional.

Waka Kurikulum SMK 3 Purwokerto, Suyono mengungkapkan, Ujian Kompetensi Keahlian dilaksanakan sesuai dengan program paket keahlian yang ada di masing-masing sekolah. Misalnya di SMK 3 Purwokerto, ada program paket keahlian akomodasi perhotelan, jasa boga, patiseri, tata kecantikan kulit, tata kecantikan rambut dan tata busana.

Dalam ujian kompetensi keahlian itu, lanjut dia, siswa diuji kemampuannya dalam mengerjakan sebuah tugas atau membuat sebuah produk, sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan pemerintah. Hasil ujian kompetensi keahlian (UKK), baik teori maupun praktik, akan menjadi indikator tercapai tidaknya standar kompetensi lulusan di sekolah tersebut.

Menurutnya, salah satu tujuan penyelenggaraan UKK untuk memfasilitasi peserta didik jenjang SMK yang akan menyelesaikan pendidikan untuk mendapatkan sertifikat kompetensi.

“Dalam ujian praktik tersebut, peserta didik yang dinyatakan lulus akan mendapatkan dua nilai, yakni nilai dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dalam bentuk sertifikat kompetensi dan nilai ujian praktik dari sekolah. Khusus sertifikat dari BSNP tersebut, nanti setelah lulus sekolah dapat digunakan ketika akan mendaftar pekerjaan,” terang dia.

(Budi Setyawan/ CN33/ SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *