Lewat KKN, Mahasiswa Berdayakan Warga

by

SEMARANG- Melalui kuliah kerja nyata (KKN), mahasiswa didorong untuk memberdayakan warga melalui berbagai kegiatan yang meningkatkan taraf hidup. Selama kurun waktu yang sudah ditentukan, mahasiswa tinggal di tengah masyarakat, menjadi bagian dari mereka, dan berupaya membumikan ilmu yang mereka dapat di kampus. ‘’Melalui KKN, mahasiswa mengaplikasikan pengetahuan yang didapat di kampus.

KKN menjadi salah satu cara agar mahasiswa belajar dengan cara terjun langsung di tengah masyarakat. Karena setelah lulus, mereka juga akan kembali ke masyarakat,’’ ujar Sri Prastiti, pendamping mahasiswa KKN Unnes, di kampus Sekaran, Gunungpati, Kamis (20/10).

Ia mengatakan, mahasiswa yang terjun lalu membuat berbagai program untuk memberdayakan masyarakat. Beberapa di antaranya bahkan bernilai ekonomi tinggi dan didorong meningkatkan pendapatan warga setempat. Ia mencontohkan, di Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang, mahasiswa membuat aneka tas brodir, mukena, tempat buah dari sapu lidi. Sedangkan di Kertek, Kabupaten Wonosobo, mahasiswa membuat sandal yang berbahan limbah kain perca, sandal teklek, dan sepatu.

Semangat Belajar

Tidak hanya itu, mahasiswa yang diterjunkan KKN sejak 1 September lalu selama 45 hari juga mendampingi sekolah dan meningkatkan semangat belajar warga. Prastiti mencontohkan, di Bancak, mahasiswa bekerja sama dengan Axioo memberikan pelatihan merakit perangkat komputer. Di kecamatan yang sama, mahasiswa juga merevitalisasi perpustakaan di sembilan desa. ‘’Sebelumnya memang sudah ada perpustakaan, tetapi belum maksimal. Mahasiswa mengisinya dengan buku dan menyerahkan pengelolaannya kepada warga. Melalui perpustakaan, diharapkan minat baca generasi muda menjadi bertambah,’’katanya.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Unnes, Prof Totok Sumaryanto, mengatakan, tahun ini kampusnya menerjunkan 2.048 mahasiswa untuk praktik KKN.

Ia menjelaskan KKN Unnes 2016 merupakan KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat yang di dalamnya terdapat program Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya). Sehingga, program kerja mahasiswa KKN merupakan program bidang garapan yang mengacu pada human development index (HDI), yang meliputi bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan dan infrastruktur. (dhz-72)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *