Latihan Aeromodeling Kudus Terkendala Hujan

by

KUDUS – Curah hujan yang meningkat beberapa hari ini menyebabkan jadwal latihan rutin tim aeromodeling Kudus terganggu. Meski demikian dalam satu pekan mereka tetap latihan karena masih ada sejumlah poin yang perlu dievaluasi. Ketua Kudus Aeromodeling Club (KAC), Yoedo Soetrisno kemarin menjelaskan, memang kondisi cuaca beberapa pekan ini didominasi hujan, karena itu perlu hati-hati.

”Sebenarnya latihan tetap dilakukan, pesawat dibawa ke lapangan. Utamanya saat jeda cuaca cerah digelar, dan jika tiba – tiba turun hujan pesawat langsung masuk transporter,” kata Yoedo, Ia menuturkan, memang beberapa pekan terakhir ini cuaca cukup ekstrem, hanya saja minim terjadi tiupan angin tidak menentu. ”Meski demikian tingkat risikonya hampir sama, selain pesawat bisa crush, juga bisa mengalami gangguan apabila terkena air hujan yang berlebih,” ujarnya.

Simulator

Terkait apabila curah hujan terus meningkat, ia menjelaskan ada strategi untuk mengatasi latihan di lapangan, yakni dengan kembali memanfaatkan simulator komputer.

”Ini sebagai gantinya, namun tetap memiliki fungsi yang sama yakni mengasah ketrampilan mengendalikan pesawat. Sebab,dalam fitur latihan dengan menggunakan komputer ada pengaturannya,” paparnya. Mengenai kecapatan angin saat – saat seperti ini, ia menjelaskan masih cukup rendah, kurang dari 10 knot.

”Meski demikian kami tetap melakukan pemantauan cuaca, namun jika kondisi demikian kami pilih pesawat untuk di grounded atau dikandangkan sementara waktu menunggu kondisi cuaca normal, karena dengan kondisi tersebut akan menghambat saat landing atau pendaratan,” jelasnya.

Pada prinsipnya latihan pada pekan ini masih kurang maksimal, poin yang seharusnya menjadi evaluasi seperti mengasah ketrampilan mengendalikan pesawat masih kurang. ”Kemungkinan pekan depan kami akan lakukan latihan rutin lagi,” katanya. (J18-89)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *