Langgar Materi Substansi, Perda Kota Dibatalkan

by
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANDUNG, kecirit.com – Pemprov Jabar bakal membatalkan Perda Kota Bandung tentang Rencana Detail Tata Ruang (RTDR) karena dianggap menyalahi materi substansi dalam kesepakatan penanganan kawasan Bandung Utara.

Pembatalan tersebut terkait pula dengan pembangunan kondotel yang semestinya tak berdiri di kawasan bukan peruntukannya. Dalam rekomendasi Pemprov, zona kuning tak bisa digunakan untuk kepentingan bisnis.

“Jangan ada agenda lain, ada kesepakatan substantif namun kemudian berubah. Ini ada apa? Dengan jeluar dari kesepakatan, perda itu kita batalkan,” kata Wagub Jabar, Deddy Mizwar di Bandung, Jumat (28/10).

Dia berharap tak ada rekomendasi yang kadung dikeluarkan dari Perda yang disahkan pada 2015 itu. Pihaknya pun berharap pengusaha memperhatikan benar peraturan sebelum melakukan investasi.

Pembatalan itu terjadi tak lama setelah Kota Bandung diterjang banjir. Kawasan hulu di utara kembali disorot karena ditengarai ikut memberikan kontribusi karena aktivitas pembangunan yang tak sesuai fungsinya sebagai wilayah resapan.

Sebelum melakukan pembatalan Perda, Deddy Mizwar bersama anak buahnya melakukan konsultasi dengan ahli tata ruang, Asep Warlan Yusuf.

Menurut Asep, Pemprov perlu melakukan penyelidikan atas perubahan penggunaan kawasan tersebut terutama dalam kaitan pembangunan kondotel.

“Ada kepentingan tertentu di balik warna kuning, ini perlu ada penyelidikan sehingga perubahan ketentuan tersebut terjadi,” tandasnya.

(Setiady Dwi/CN19/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *