Kumpulan Tips dan Trik Rahasia Windows 7

by

TeknoKecirit – Walaupun kini telah hadir Windows 8.1 sebagai penyempurnaan dari Windows 8 dan Windows 10, namun begitu banyak pengguna Windows 7 yang masih enggan berpindah ke Operating System terbaru dari Microsoft tersebut.

Windows 7 masih menjadi pilihan utama user untuk melakukan tugas-tugas harian mereka. Tahukah anda, ada begitu banyak perintah atau trik rahasia Windows 7 yang dapat mempermudah aktivitas kita?

Artikel ini akan mengungkap beberapa tips dan trik sederhana Windows 7 yang mungkin belum kita ketahui dan bisa saja sangat berguna bagi kita.

1. Minimize secara Cepat dengan Goyangan

Jika kita sering membuka banyak window dan ingin melakukan minimize semuanya kecuali window yang aktif, kita hanya perlu melakukan klik pada title bar lalu goyangkan window tersebut. Semua window lain akan ter-minimize kecuali window yang anda pilih.
Windows 7 memiliki fasilitas aero shake yang akan mengenali mouse gesture (gerakan mouse) untuk menjalankan perintah ini. Klik dan goyangkan lagi window aktif untuk mengembalikan semua window. Shortcut keyboard untuk fungsi ini adalah Windows + Home.

2. Mengubah Ukuran Window Melalui Keyboard

Untuk mengubah ukuran window biasanya kita menggunakan icon minimize atau maximize pada window. Sebenarnya kita dapat melakukannya secara cepat melalui keyboard dengan shortcut bawaan Windows 7.
Tahan tombol windows di keyboard dan tekan panah ke atas untuk maximize dan panah ke bawah untuk minimize. Untuk membuat dua buah window berdampingan (tile vertically), gunakan tombol windows + panah kiri atau kanan.

3. Menyimpan Gambar dari Web

Cara yang paling sering kita lakukan untuk menyimpan gambar web dari browser seperti Chrome atau Firefox adalah dengan melakukan klik kanan pada gambar dan memilih save image.
Sebenarnya ada cara yang lebih cepat dan mudah. Buka Windows Explorer dan browse ke folder tempat penyimpanan gambar nanti. Sekarang gunakan tips nomor 2 di atas untuk membuat jendela browser dan Explorer berdampingan. Tahan tombol CTRL dan klik pada gambar yang ingin disimpan lalu drag ke lokasi penyimpanan pada jendela Explorer.

4. Membuka Explorer dengan Proses Baru

Mungkin kita sering membuka beberapa Windows Explorer sekaligus. Secara default Windows 7 membuka semua window tersebut dalam satu proses untuk mengurangi beban sistem. Namun jika ada salah satu window yang “hang” atau “crash”, maka biasanya window lain juga akan “hang”.
Jika ini terjadi, cobalah klik Start, tahan SHIFT dan klik kanan pada Computer lalu pilih “Open in new process”. Jendela Explorer baru akan dibuka dalam proses tersendiri dan tidak terpengaruh oleh window yang “hang”.

5. Mematikan Suara dari Aplikasi Tertentu

Browsing sambil mendengarkan lagu dari WinAmp atau Foobar sangat menyenangkan. Namun terkadang ada website yang secara otomatis melakukan loading suara saat kita kita membukanya. Suara ini akan sangat mengganggu lagu yang kita dengarkan.
Anda dapat mematikan (mute) suara dari browser ini melalui volume mixer. Caranya klik volume icon di taskbar dan pilih mixer. Akan terlihat indikator volume dari aplikasi yang sedang menggunakan resource sound card. Klik icon speaker untuk mute atau turunkan volume aplikasi yang diinginkan.

6. Mencari Konten dalam File

Windows 7 memberikan fasilitas search yang lebih terintegrasi, namun fasilitas pencarian konten atau isi dari file yang ada pada Windows XP tidak ditemukan pada Windows 7.
Sebenarnya anda tetap dapat melakukan pencarian terhadap konten ini dengan menambahkan kata “content:”. Jadi, jika anda hendak mencari kata “donat” dalam sebuah file ketikan saja “content:donat” pada kotak pencarian.

7. Pilihan Send To yang Lengkap

Jika kita melakukan klik kanan pada file atau folder dalam Windows Explorer, Send To hanya menampilkan pilihan lokasi yang terbatas.
Cobalah untuk menahan SHIFT sambil melakukan klik kanan untuk mendapatkan pilihan Send To yang lebih banyak dan lengkap.

8. Menjalankan Aplikasi atau Program sebagai Admin

Untuk menjalankan aplikasi sebagai admin kita dapat melakukan klik kanan pada Aplikasi dan memilih Run as administrator.
Ada cara yang lebih cepat untuk ini, tahan tombol CTRL + SHIFT dan klik pada aplikasi atau program yang hendak dijalankan. Jika UAC aktif maka akan tampil dialog peringatan UAC.

9. Menyembunyikan Data Rahasia dalam File Teks

Kita sering menyimpan password pada file teks biasa karena ini merupakan cara termudah yang bisa dilakukan. Namun file teks sangat rentan dan tidak aman. Ada trik rahasia yang dapat dilakukan untuk menyembunyikan data dalam file teks.
Kita akan membuat sebuah file teks untuk menyimpan data rahasia. Tahan SHIFT dan klik kanan pada folder lokasi penyimpanan file lalu pilih “Open command window here”. Sekarang dari command prompt ketik “notepad pass.txt:rahasia.txt”.Notepad akan membuat sebuah file dengan nama “pass.txt” namun datanya akan disimpan pada file “rahasia.txt”. Selanjutnya masukkan data pada file lalu simpan dan close.
Jika kita membuka “pass.txt” dengan cara biasa tidak akan terlihat data apapun. Untuk membuka file tersebut, tahan SHIFT dan klik kanan pada folder lalu pilih “Open command window here” dan ketik saja “notepad pass.txt:rahasia” .

Beberapa Shortcut Windows 7 Lainnya

Berikut beberapa shortcut Windows 7 yang sangat bermanfaat untuk berbagai aktivitas anda.
Windows + D
Minimize atau maximize semua window.
Windows + E
Membuka Windows Explorer.
Windows + P
Memilih output display. Shortcut ini bermanfaat untuk menampilkan gambar pada monitor kedua atau proyektor.
Windows + R
Membuka perintah Run
Windows + U
Mengakses Ease of Access Center
Windows + X
Menampilkan Windows Mobility Center
Windows + + atau – (tombol plus atau minus)
Membuka aplikasi magnifier untuk melakukan zoom in atau zoom out.

The post Kumpulan Tips dan Trik Rahasia Windows 7 appeared first on Informasi Update Teknologi.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *