KPU: Memilih Kotak Kosong Hak Politik Warga

by
Foto : istimewa

Foto : istimewa

SEMARANG, kecirit.com – Warga yang menggunakan hak pilih dengan memilih kotak kosong, bukan berarti mereka golput dan itu merupakan hak politik masyarakat. Anggota KPU Jawa Tengah Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Hubungan Antarlembaga Wahyu Setiawan menyatakan, menggunakan hak pilih dengan memilih kotak kosong tidak sama artinya dengan golput.

“Memilih kotak kosong maknanya tetap memilih, dalam regulasinya diperbolehkan. Jumlah perolehan suara kotak kosong pada Pilkada Pati, akan dihitung sebagai perolehan suara sah sehingga angka partisipasinya tetap ada,” kata Wahyu kepada wartawan di kantornya, Rabu (26/10).

Jika ternyata nantinya jumlah suara kotak kosong lebih banyak daripada pasangan calon yang maju dalam Pilkada, maka Pilkada akan diulang dan diselenggarakan bersamaan pada 2018 mendatang.

Masyarakat sambungnya, diperbolehkan melakukan sosialisasi mengenai kotak suara kosong ini kepada khalayak umum. Meski sampai saat ini aturan mengenai kampanye kotak suara kosong belum dirumuskan dalam PKPU atau Undang-undang.

“Pada prinsipnya boleh masyarakat melakukan sosialisasi, dilindungi dan diatur dalam peraturan yang ada, dalam PKPU Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota,” tambahnya.
(Puthut Ami Luhur/CN41/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...