“Kotak Kas” Menghilang

by

SEMARANG – Beberapa waktu lalu, sejumlah warga mengeluhkan pungutan liar di kantor pelayanan masyarakat, seperti kelurahan dan kecamatan. Pegawai berdalih, pungutan tersebut sebagai ’’uang kas’’yang diberikan seikhlasnya.

Namun, sejak gencar dilakukan pemberantasan pungli, praktik tersebut menghilang. Pengurusan administrasi di kelurahan dan kecamatan yang biasanya butuh berhari-hari, kini lebih cepat. Pegawai kelurahan tak berani menarik uang kas lagi.

Warga Palebon, Pedurungan, Giyarto (41) mengatakan setelah pungli diperangi, pengurusan di kelurahan dan kecamatan menjadi lebih mudah. Ia terkejut dengan kemudahan pelayanan. ”Terakhir saya mengurus SKCK pada 2009, petugasnya minta dana alasan untuk uang kas. Sekarang tidak ada. Tadi, (Rabu, 26/10) saya menanyakan hal itu, dan dijawab petugas bahwa kotak untuk uang kas itu sudah tidak ada,” kata Giyarto usai mengurus SKCK di kantor Kecamatan Pedurungan.

Camat Pedurungan, Wijaya Trikoranto mengatakan, penarikan uang kas tidak dibenarkan. Dalam pengurusan, tidak boleh dipungut apapun alias gratis. Pungutan uang kas sudah tidak ada lagi sejak beberapa tahun lalu. Kalau masih ada, dia meminta agar masyarakat melaporkannya. ’’Kami terus melakukan pembinaan. Usai apel pagi selalu saya sampaikan agar tidak ada pungutan apapun. Dalam aturan, pengurusan apapun, gratis,’’ ujar Wijaya, Rabu (26/10).

Sementara itu, Camat Semarang Selatan, Sutrisno menjelaskan, pihaknya juga telah melakukan pembinaan pegawai. ’’Tindakan seperti itu biasanya dilakukan sembunyi-sembunyi. Kalau satgas pungli yang menangkap langsung di lapangan, menjadi risiko pegawai tersebut. Saya sebagai pimpinan sudah mengingatkan,’’kata Sutrisno.

Pelayanan di Samsat

Pengawasan ketat juga dilakukan di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). Perwira Urusan (Paur) Samsat Semarang I, Iptu Betty Nugroho mengatakan, pelayanan di Samsat akan lebih ditingkatkan, termasuk sistem pengawasan internal anggotanya.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *