Korem Bantu Tangani Bencana

0
40

PURWOKERTO – Sejumlah bencana masih terus mengintai belakangan, terkait kondisi itu, TNI siap membantu penanganan bencana. Menurut Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kol Inf Suhardi, sehubungan dengan bencana yang cukup sering terjadi di wilayah teritorial Korem, jajarannya siap ikut melakukan penanganan bencana.

“Kami selalu berkoordinasi dengan BPBD, pada kejadian bencana kita selalu meluncurkan personel ke sana, agar membantu meringankan korban bencana,” jelasnya, seusai menggelar ramah tamah bersama wartawan di Purwokerto, Rabu (28/9).

Dia mengatakan, sejauh ini terkait bencana yang melanda di berbagai daerah, Korem sifatnya mendukung tugas yang dilakukan oleh instansi terkait seperti BPBD, maupun Kodim.

“Penanganan kami libatkan Kodim, nanti jika ternyata kurang, bisa menerjunkan tim dari Korem, atau detasemen lain di bawah korem,” ujarnya. Hujan yang masih mengguyur wilayah Banyumas, menyebabkan tanah longsor di Desa Karanggayam, Kecamatan Lumbir, Selasa (27/9) lalu. Sebelumnya, masih di Kecamatan Lumbir, tepatnya di Desa Besuki dan Desa Cidora juga terjadi banjir. Menurut Koordinator Tagana Banyumas Adi Candra, banjir menggenangi sedikit-dikitnya 23 rumah.

Dikatakan Danrem, mengenai bantuan logistik, secara program TNI belum mengarah sampai hal itu. Kendati demikian, lanjutnya, pihaknya akan mendorong masyarakat maupun kalangan usaha untuk menyalurkan CSR kepada korban-korban bencana, agar membantu meringankan beban para korban.

Sementara itu kegiatan ramah-tamah bersama wartawan dihadiri sekitar 25 wartawan dari berbagai media, baik cetak, maupun elektronik. Dalam kesempatan itu, Danrem dan para wartawan berdiskusi langsung, tentang beberapa topik yang sedang hangat, diantaranya kejadian bencana yang cukup sering terjadi di wilayah teritorial Korem.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas Prasetyo Budi Widodo mengatakan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan masih berpeluang terjadi dalam beberapa waktu mendatang. Menurutnya, terkait hujan yang diprediksi masih terus mengguyur, akan membawa kesan musim kemarau, bergandengan dengan musim penghujan.

Terkait kondisi itu ia berharap seluruh masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan. Mengingat secara geografis wilayah Banyumas yang berbukit, memiliki potensi bencana yang dapat dipicu hujan, seperti longsor, maupun banjir. (K17- 45)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here