Kongres Diundur Jadi Solusi Terbaik

by
Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

SOLO, kecirit.com – Pelaksanaan Kongres PSSI diundur dari semula 17 Oktober menjadi maksimal 10 November mendatang di Jakarta. Mantan anggota Komite Normaliasi (KN) PSSI, FX Hadi Rudyatmo menilai perubahan jadwal tersebut jadi solusi terbaik setelah adanya konflik antara Exco dengan Kemenpora terkait lokasi kongres.

”Perubahan jadwal itu sudah sesuai aturan yang ada. Jadi harapanya kongres nanti benar-benar sah dan berjalan lancar,” kata pria yang akrab disapa Rudy itu di Stadion Manahan, Jumat (21/10).

Seperti diberitakan sebelumnya, jadwal baru kongres diputuskan langsung oleh FIFA dalam suratnya yang dikirim ke PSSI, 14 Oktober lalu. FIFA memerintahkan agar kongres tersebut diundur selambat-lambatnya hingga 10 November dengan lokasi resmi di Jakarta sebagai kota penyelenggaraan kongres.

Rudy menjelaskan, menurut aturan, undangan sudah diterima pemilik suara (voter) tiga pekan sebelum pelaksanaan. Jika tetap dipaksakan 17 Oktober lalu, Rudy menilai kongres bisa jadi menyalahi statuta yang telah diberikan FIFA selaku otoritas tertinggi sepak bola di dunia.

”Kemarin waktunya memang mepet jika dipaksakan. Jangan sampai adanya toleransi dari FIFA justru kongres masih ada masalah bahkan deadlock. Jika tidak, sepak bola Indonesia kembali terkena sanksi,” tuturnya.

Wali Kota Solo itu juga meyakini mundurnya pelaksanaan kongres tak akan menggangu persiapan Timnas Indonesia menghadapi Piala AFF 2016 di Myanmar dan Filipina mulai 19 November. Menurutnya, tim pelatih telah memiliki program yang tertata agar mendapatkan hasil bagus di turnamen sepak bola terbesar di ASEAN tersebut.

”Begitu ketua umum sudah dipilih, kepengurusan akan langsung bekerja termasuk untuk Timnas. Apalagi embrionya kan sudah ada tinggal menjalankan saja nanti,” ujar Rudy.

Sementara, sekretaris Persis Solo, Sapto Joko Purwadi mengaku belum mendapat undangan baru terkait pelaksanaan kongres di Jakarta. ”Mungkin pekan depan sudah ada. Kami menunggu saja dan mudah-mudahan semua berjalan lancar,” ucap Sapto.

(Ronald Seger Prabowo/CN19/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...