Ki Joko Edan Pakai Sabu Agar Stamina Tak Kendor Saat Mendalang

by
foto: kecirit.com/ Apit Yulianto

foto: kecirit.com/ Apit Yulianto

SEMARANG, kecirit.com – Dalang kondang Ki Joko Edan beralasan kepada polisi jika dirinya mengkonsumsi narkoba jenis sabu itu untuk meningkatkan performanya saat memainkan wayang. Sabu itu gunanya agar stamina dalang yang bernama asli Djoko Hadi Widjojo itu tak cepat loyo.

“Selain tak cepat loyo, suaranya saat mendalang itu lebih nyaring alasannya, kalau bahasanya lebih ‘Kung’ gitu,” ujar Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Jateng, AKBP Cornelius Wisnu Aji saat gelar perkara di kantornya, Kamis (28/9).

Pelaku ini sudah memakai sabu sejak satu tahun lebih. Awalnya, pelaku menggunakannya karena coba-coba dan ditawari seseorang. Tapi lama kelamaan jadi ketagihan. Hingga tergantung dengan barang haram tersebut.

“Dia (pelaku) sampai lupa beberapa kali menggunakannya, biasanya pelaku membeli paket hemat 1 gram. Tapi untuk barang bukti yang ditemukan 0,3 gram, jadi pelaku sudah gunakan 0,7 gram sabu,” ucap Cornelius.

“Memakainya sebelum tertangkap, kemudian dites urine dan positif narkoba, langsung kita bawa,” tambahnya.

Dari pengakuannya, pelaku memesan barang dari seorang di Banyumanik, lalu ada kurir yang mengantarnya. Hingga kini, petugas masih mengejar pemasok sabu untuk dalang tersebut.

Tersangka dijerat Pasal 112 UU no 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman penjara minimal empat tahun. Dalang tersebut tak bisa mendalang lagi karena ditahan oleh pihak kepolisian.
(Apit Yulianto/CN40/SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *