Ketua DPRD Desak Wali Kota Tegal Buat Perwal Pemberantasan Pungli

by
Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

TEGAL, kecirit.com – Ketua DPRD Kota Tegal, Edy Suripno mendesak Wali Kota, Siti Masitha Soeparno untuk segera membuat Peraturan Wali Kota (Perwal) yang mengatur tentang pemberantasan pungutan liar (pungli). Hal itu disampaikan Edy Suripno, Jumat (21/10) dengan tujuan dalam rangka menjamin good and clean goverment.

Menurut dia, di dalam Perwal selain mengatur tentang pemberantasan pungli, juga harus berisi saksi yang tegas. Sebab, hal itu merupakan kebijakan yang bersifat khusus dari Pemerintah Pusat yang ditujukan dalam rangka menjamin pelayanan masyarakat yang berkeadilan. “Praktik-praktik pungli harus dilawan dengan sistem, sehingga dengan adanya Perwal di Kota Tegal ada sistem penindakan yang memberikan jaminan kepada publik untuk melaporkan tindakan pungli manakala terjadi,” katanya.

Menurut dia, good and clean goverment menjadi kepantingan publik yang harus diwujudkan oleh pemerintah. Sebab, adanya praktik pungli merugikan masyarakat maupun pemerintah. Program maupun pelayanan kepada masyarakat tidak bisa berjalan optimal.

Edy Suripno mengemukakan, menurunnya target pendapatan di Kota Tegal disinyalir juga karena sistem penarikan dan pengawasan serta tata kelola masih sangat lemah. Misal, target untuk retribusi parkir tepian jalan umum dan pajak parkir ternyata belum dihitung berdasarkan potensi yang riil. Selain itu, pajak tempat hiburan, seperti tempat karaoke juga belum diperhitunkan berdasarkan potensinya. “Jangan sampai dalam proses pembuatan perizinan ada ketentuan diluar aturan yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, adanya Perwal tersebut sangat penting karena secara teknis menjadi jaminan tidak adanya praktik-praktik pungli dalam kepengursan perizinan maupun penetapan target pendapatan. Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat dan pelaku usaha harus memiliki kesadaran untuk berani menolak dan melaporkan tindakan penyimpangan yang dilakukan oleh oknum-oknum petugas yang melakukan praktik pungli. (Wawan Hudiyanto/CN38/SM Network)

loading...