Ketahui Penyebab Bayi Menangis

by
kecirit.com-atasi-bayi-nangis-ketahui-penyebabnya

kecirit.com – Menangis merupakan salah satu cara komunikasi bayi. Itulah sebabnya, bayi sering menangis. Bayi menangis karena disebabkan beberapa hal. Sebagai ibu atau orangtua baru, tentu Anda ingin membuat bayi Anda nyaman dan tidak menangis. Perhatikan penyebab tangisan bayi mungil Anda dan segera beri bantuan yang dibutuhkannya.

Mengapa Bayi Menangis?

Berikut ini beberapa penyebab utama dari tangisan bayi.

Penyebab Kolik

Salah satu penyebab utama bayi rewel dan terus-menerus menangis yaitu karena kolik. Beberapa kemungkinan penyebab terjadinya kolik yaitu:

  • Banyak gas yang berada di dalam usus akibat enzim pencernaan yang dibutuhkan bayi untuk mengolah makanan masih sedikit dan ketika mencerna ASI atau susu formula yang banyak mengandung protein menghasilkan banyak gas yang membuat perut sakit.
  • Pada bayi yang mengkonsumsi ASI, kemungkinan ada makanan ibu yang tidak cocok atau sensitif dengan bayi.
  • Pada bayi yang mengkonsumsi susu formula, kemungkinan ada protein yang terkandung dalam susu yang tidak cocok dengan pencernaan bayi.
  • Rasa takut dan terlalu gembira pada bayi dapat menyebabkan gangguan pada perut dan kolik.

Cara Mengatasi Kolik

Bantuan yang dapat diberikan ibu pada bayi yang sedang mengalami kolik yaitu:

  • Tunjukkan kasih sayang Anda yang akan membuat nyaman dan mencegah bayi dari ketakutan dengan menggendong, memeluk atau menyanyikan lagu kesukaannya.
  • Gendong bayi pada posisi tegak sambil menepuk-nepuk punggungnya secara pelan untuk membantu mengeluarkan gas yang ada dalam perut bayi.
  • Kompres perut dengan handuk yang sudah direndam air hangat atau kompres dengan botol karet yang berisi air hangat.

Mengatasi Bayi Menangis

Ketika bayi menangis hendaknya segara mendapat tanggapan dari orang di sekitarnya. Misalnya dengan segera mendatangi, memeluk, dan menggendongnya. Respon yang lambat akan membuat bayi cemas dan mengganggu emosinya di masa selanjutnya. Hal ini bertentangan dengan anggapan yang mengatakan agar membiarkan bayi yang menangis agar tidak bau tangan atau agar paru-parunya kuat.

Respon yang lambat akan membuat bayi cemas dan mengganggu emosinya di masa selanjutnya. Hal ini bertentangan dengan anggapan yang mengatakan agar membiarkan bayi yang menangis agar tidak bau tangan atau agar paru-parunya kuat.

Apabila sudah paham benar, ibu dapat mendengar bahwa bayi menangis karena sebab yang berbeda akan menghasilkan suara tangisan yang berbeda pula. Misalnya, tangisan karena sakit akan berbeda dengan tangisan pada saat bayi lapar atau ingin digendong. Perhatikan tangisan bayi mungil Anda dan berikan respon untuk membuatnya aman dan nyaman.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *